Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

KPUD Kotabaru Sosialisasi Pemilu Kepada Pemilih Pemula

Suarabamega25.com-Jelang Pemilu Tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kotabaru menggelar kegiatan KPU Goes to School, Bertempat di Aula Gedung SMA Negeri 1 Kotabaru, Sabtu (12/1/2019), ratusan para pelajar mendapat pengarahan tata cara pencoblosan, sekaligus memperkenalkan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden..

Disaksikan Komisioner KPUD Kotabaru dan  Guru SMA Negeri 1 Kotabaru, para pelajar mendapatkan pengarahan dari Narasumber KPUD Kotabaru, Rudi Aliansyah S.Kom, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada pelajar serta pemutaran film tentang kotak surat suara yang terbuat dari kardus.
“Selain memberi wawasan tentang bagaimana cara menggunakan hak pilih, kegiatan yang dilaksanakan di sejumlah sekolah juga bertujuan untuk memberikan pendidikan politik, sosialisasi tahapan pemilu harus dilakukan dengan turun langsung ke masyarakat, menyapa dan memberikan informasi terkait pemilu," katanya.

Dalam kesempatan itu, Guru SMA Negeri 1 Kotabaru, Anisa Rinyani, S.Si, sangat menyambut positif  kegiatan tersebut karena menambah pengetahuan pelajar sebagai pemilih pemula pada Pemilu Tahun 2019.

"Sebagai seorang warga Indonesia yang baik, kita harus memilih pemimpin yang menentukan bangsa ini, sehingga kita bisa berpatisipasi aktif  untuk mensosialisasikan materi yang telah diberikan untuk kemajuan kelangsungan pembangunan pemerintah dan bangsa kedepannya," sebutnya.
KPUD Kotabaru berharap, pelajar yang ikut serta dalam kegiatan tersebut bisa menjadi agen sosialisasi tentang pentingnya menyalurkan hak pilih dan meneruskan informasi sosialisasi tentang Pemilu bagi masyarakat. Untuk itu, KPU menyasar mereka karena pengaruhnya cukup penting untuk jangka panjang. Kalau kita bisa menginformasikan ini dengan baik dan mereka mau aktif menjadi agen sosialisasi pemilu, lima tahun lagi Pemilu kita agak ringan karena akan diisi orang-orang yang sudah paham," katanya.

Namun jika pemilu kali ini gagal memberikan pendidikan politik bagi generasi tersebut, pemilu berikutnya akan menjadi tugas yang sangat berat bagi KPU selaku penyelenggara pemilu. Dampaknya, mereka bukan hanya sekadar tidak mau menggunakan hak pilih, tapi bisa memberi efek, dampak kepada orang-orang di sekitarnya untuk tidak menggunakan hak pilihnya. Itu partisipasi akan sangat drastis menurun,.Kami berharap sambungnya, kepada para pelajar kedepannya mereka bisa berkomitmen untuk ikut mensukseskan Pemilu Tahun 2019 nanti bisa berjalan secara jujur, adil dan aman
Komisi Pemilihan Umum Kotabaru akan terus berupaya semaksimal mungkin  untuk sosialisasi tahapan pemilu kepada masyarakat sehingga diharapkan partisipasi pemilih semakin terus meningkat. (Dhani).

Tidak ada komentar: