Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Ketua SPSI Jelaskan Apa Itu Unicorn

Suarabamega25.com - Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) ITP Tarjun Bambang Wiyoso memberikan penjelasan tentag apa itu unicorn, maka di rubrik berita ini akan kita bahas agar masyarakat juga tahu sampai detailnya. Unicorn adalah sebutan bagi perusahaan Start Up alias perusahaan rintisan yang bernilai di atas 1 Milliar Dolar Amerika, atau setara Rp. 14 Triliun (Kurs Rp. 14.000/1 $US). Karena opportunity ada di Indonesia maka dinegara kita ini tempat tumbuh subur bagi perusahaan tehnologi rintisan tersebut, perkembangan ini tak lepas dari besarnya ekonomi digital di Indonesia. 

"Walaupun setelah tumbuh di take over oleh perusahaan asing hingga 90%. Di Indonesia diprediksi Unicorn akan tumbuh 4X lipat pada tahun 2025 yakni mencapai angka 100 Milliar dolar Amerika proyeksi dari Google dan Temasek. Karena Unicorn ini adalah masuk perusahaan konglomerasi yang besar maka perspektif yang harus di bangun dimata masyarakat adalah perspektif konglomerasi bukan perusahaan menengah ke bawah karena Unicorn ini perusahaan beroreintasi global yang sahamnya dimiliki oleh sebagian besar asing maka komoditi dan produk yang dijual di marketplace unicorn tadi justru berasal dari produk impor yang di perdagangan impor melalui Unicorn di Indonesia, hanya sebagian kecil produk dalam negeri yang terpajang di marketplace tersebut. 

Kata Bambang," Indonesia terdapat 4 perusahan Unicorn dari 7 perusahaan Unicorn di Asia Tenggara, inilah perusahaan Unicorn yang ada di Indonesia dan sudah dikuasai asing : 1.Bukalapak perusahaan yang didirikan oleh Achmad Zaky punya Valuasi Rp. 13.5 Trilliun. 2.Traveloka disuntik dana dari Expedia ( USA) 350 juta $ US setara Rp. 4.6 Trilliun, yang nilai Valuasinya Rp. 26.6 Trilliun.
3.Toko pedia dapat suntikan dari Softbank (Japan)  sebesar 100 Juta dolar Amerika sekitar Rp. 1.3 Trilliun & suntikan 1.1 Milliar Dolar Amerika atau sekitar Rp 14.7 Trilliun dari Alibaba group. 4.Gojek dapat suntikan dana dari Google sebesar 1.2 Milliar dolar Amerika yang Valuasinya menjadi 4 Milliar dolar Amerika sebesar Rp. 5.3 Trilliun. Semoga sedikit pencerahan ini bisa menambah wawasan masyarakat Indonesia,"tutupnya.M. Yani)

Sumber: Bambang Wiyoso

Tidak ada komentar: