Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Lestarikan Kehidupan Laut, SMKN 1 Kotabaru Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai



Suarabamega25.com - Puluhan siswa/i SMKN 1 Kotabaru, Kelas X, Jurusan Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL1) melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di Objek Wisata Pantai Gedambaan Kotabaru, Sabtu (16/02/19). 

Kegiatan aksi bersih-bersih pantai dan laut (Coastal Clean Up/CCU) digelar dalam rangka kampanye pengendalian pencemaran dan menanamkan kepedulian pelajar terhadap lingkungan dalam upaya mengatasi persoalan pencemaran pesisir dan laut yang mengancam keanekaragaman kehidupan biota laut dan lingkungan pesisir pantai.

Dengan didampingi guru, para pelajar ini langsung menyebar dan memunguti sampah yang berserakan di pesisir bibir pantai dan taman area tempat wisata.

Walaupun diterpa panas matahari, tidak menyurutkan semangat mereka untuk membersihkan lingkungan di spot area objek wisata ini.
Guru pendamping SMK Negeri 1 Kotabaru, Yutam, S. Pd, M. Pd, mengatakan tujuan kegiatan bersih-bersih ini sangat baik sekali karena saat ini  SMKN1 Kotabaru sudah melaksanakan tentang Adhiwiyata tingkat propinsi dan kedepan proses penyusunan Adhiwiyata ke tingkat Nasional, dengan kegiatan dan aksi ini kami selalu tanamkan minset (pola pikir) anak agar dapat memberikan perilaku positif untuk mencintai dan peduli terhadap lingkungan baik lingkungan sekolah, lingkungan rumah dan tempat wisata ini, kegiatan ini juga dalam rangka untuk mensosialisasikan dan mengajak masyarakat atau pengunjung di objek wisata ini untuk selalu menjaga kebersihan.
“Kami berharap kesadaran Lestarikan Kehidupan Laut, SMKN 1 Kotabaru Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai untuk membuang sampah pada tempatnya, tidak membuang sampah sembarangan ikut serta berpartisipasi untuk menjaga kebersihan, kami juga mengharapkan Dinas terkait terutama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotabaru agar bisa meningkatkan lagi sarana prasarana khususnya kebersihan di objek wisata ini” ujar Yutam.

Lebih lanjut, Yutam mengatakan dengan adanya kegiatan aksi ini, mudah-mudahan dapat mengubah mindset dan kesadaran masyarakat sebagai upaya menjaga lingkungan tetap bersih dan terbebas dari penyakit.

"Mari kita semua bersama-sama menjaga Objek Wisata Pantai Gedambaan Kotabaru ini dari dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan, terutama dari sampah laut," katanya.

Ditempat sama, salah satu siswi SMKN1 Kotabaru Kelas X, AKL1, Raudatul Jannah mengatakan, aksi kegiatan yang digagas ini selain para siswa/i belajar peduli terhadap lingkungan, berharap juga pelajar sekolah yang lain dapat mengikuti dan meniru aksi serupa CCU ini agar objek wisata yang ada di kotabaru selalu menjadi daya tarik tujuan wisata bagi wisatawan lokal dan luar daerah.
Selain gelar aksi ini para pelajar ini juga berekreasi bersama dengan membakar ikan untuk disantap bersama saat makan siang sambil menikmati keindahan panorama pantai di rest area objek wisata untuk menghilangkan rasa penat mereka selama belajar di sekolah. (Dhani)

Tidak ada komentar: