Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Manfaat Buah Blackberry Bagi Tubuh

Suarabamega25.com-Buah blackberry ini termasuk buah yang populer untuk di jadikan sebagai hidangan pencuci mulut. Sifatnya yang lunak sangat cocok untuk di gunakan sebagai bahan pembuatan selai, jeli, dan bahkan bisa juga dijadikan minuman “wine”. Blackberry juga sering di gunakan sebagai bahan campuran olahan apel dan untuk pembuatan kue.

Kandungan nutrisi buah blackberry

Buah blackberry dikenal kaya akan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. Berikut kandungan nutrisi pada buah blackberry mentah, per 100 gram penyajiannya :

manfaat-buah-blackberry

Nutrisi Kandungan per 100 gram Pemenuhan % Nilai harian
Energi 43 kcal
Total serat 5.3 g 21%
Total gula 4.9 g
Kalsium 29 mg 3%
Magnesium 20 mg 5%
Mangan 0.6 mg 32%
Copper 0.2 mg 8%
Potassium 162 mg 5%
Natrium 1 mg 0%
Vitamin C 21 mg 35%
Vitamin A, IU 214 IU 4%
Vitamin K, µg 20 µg 25%
Asam folat, µg 36 µg 9%
Beta Karotena 128 µg Ne
Lutein + zeaxanthin 118 µg Ne
Sumber lain menyebutkan bahwa buah blackberry memiliki sifat-sifat yang baik untuk menjaga keseimbangan tubuh. Buah blackberry memiliki sifat mampu menyerap radikal oksigen (Orac) untuk melawan radikal perosokil,   hidrogen peroksida, superoksida, singlet oksigen, dan radikal hidroksil. Hal ini dapat kita lihat dari manfaat buah blackberry bagi tubuh berikut ini :

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah blackberry kaya akan manfaat vitamin C, bahkan lebih banyak dari berry lainnya seperti blueberry hingga 2 kali lipatnya. Ursula Arens, seorang pakar gizi dari Inggris mengungkapkan bahwa vitamin C sangat penting bagi tubuh. Vitamin C mampu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Menjaga fungsi organ pencernaan

Pendapat lain yang diungkapkan oleh Arens bahwa blackberry memiliki kandungan serat yang sangat tinggi hingga memenuhi 21% dari kebutuhan harian tubuh akan serat. Asupan serat yang tinggi akan membantu usus berfungsi dengan baik dalam mencerna makanan.

3. Menyembuhkan luka

Blackberry memiliki kandungan senyawa tanin yang sangat banyak sehingga membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Sarah wilson, ahli gizi dari rumah sakit Princess Grace, London, mengungkapkan bahwa dengan mengoleskan buah berry termasuk blackberry pada jaringan kulit yang terluka akan membuat jaringan luka menyempitkan pembuluh darah, serta membantu menurunkan pendarahan yang terjadi.

4. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Buah blackberry memiliki kandungan anthocyanin yang bisa juga disebut sebagai sekumpulan pigmen yang memiliki sifat manfaat antioksidan. Kandungan anthocyanin tersebut mampu menghambat pertumbuhan sel tumor. Selain itu blackberry juga memiliki kandungan flavonoid atau bisa juga disebut C3G yang berfungsi untuk melawan kanker kulit dan juga kanker pada paru-paru.

5. Mencegah terkena kanker serviks

Selain membantu mencegah pertumbuhan tumor dan kanker pada kulit dan paru-paru, buah blackberry juga memiliki senyawa phytoestrogens yang merupakan senyawa yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker serviks dan kanker payudara.

Tidak ada komentar: