Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Polda Kalsel Harapkan Haul ke-14 Guru Sekumpul Tertib Dan Aman.

Suarabamega25.com - Kapolda Kalimantan Selatan Gelar pasukan pengamanan Haul Ke-14 KH. Zaini Abdul Ghani Guru Sekumpul Martapura, Jumat (8/3/19) dilaksanakan  di Lapangan Mako Brimob Banjarbaru Kalimantan Selatan.

Upacara dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, Pejabat Forkopimda Kalimantan Selatan, Pejabat SKPD Kota Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar, Para relawan, beserta tamu undangan lainnya.
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol. Drs. Yazid Fanani, M. Si mengatakan, "perlu kita ketahui bersama bahwa apel yang telah dilaksanakan dalam rangka pengamanan haul ke-14 Guru Sekumpul tahun 2019 yang merupakan agenda rutin tahunan di wilayah Kabupaten Banjar guna mengenang dan menghormati Ulama besar KH. Zaini Abdul Ghani yang dimasa kehidupan beliau untuk kemajuan perkembangan Agama Islam di Kalimantan Selatan hingga saat ini para sahabat dan murid-murid beliau yang tersebar hingga seluruh Nusantara bahkan dari luar negeri sangat menghormatinya. Dalam pelaksanaan pengamanan haul ke-14 Guru Sekumpul ini, diharapkan seluruh personil TNI/POLRI, Instansi terkait dan Relawan masyarakat yang terlibat untuk saling mendukung, saling menguatkan, dan terus berkoordinasi dengan baik. Perlu untuk diketahui bersama haul ke-14 Guru Sekumpul ini mengalami peningkatan dari jumlah jamaah yang hadir dari tahun ke tahun yang datang dari sekitar wilayah Kalimantan maupun dari luar. Banyaknya jumlah jamaah yang hadir tersebut tentu saja berimplikasi kepada peningkatan hajat dan tawanan terhadap gangguan Kamtibmas diperlukan kesiapan anggota di lapangan untuk mengantisipasinya.

"Metode pengamanan yang akan kita gunakan dalam kegiatan ini diperlukan kesiapan anggota di lapangan yaitu pengamanan terbuka dan tertutup dengan pelibatan pasukan skala besar guna mengamankan para tamu jamaah yang diperkirakan mencapai lebih dari satu juta orang. Haul ini merupakan wisata religius dengan nuansa spritual yang harus terselenggara dengan aman dan tertib. Haul Guru Sekumpul tahun 2019 ini rencananya hanya akan kita laksanakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 9 sampai dengan 11 Maret 2019 dengan melibatkan personil dari baik wilayah kabupaten Banjar, bek-up POLRI/TNI serta melibatkan pasukan dari kewilayahan yang terdekat, utamanya untuk menjaga keamanan, ketertiban, kelancaran, dan kemacetan lalu lintas termasuk pengamanan rute jalur hingga aturan parkir.
"Pada saat ini telah diarahkan pasukan dari Polres Banjar sebanyak 573, Kodim 1006 sebanyak 400 personil, Satpol PP dan Damkar sebanyak 550 personil, Dishub sebanyak 150 personil, Inkes sebanyak 1100 personil, PLN sebanyak 170 personil, BPBD sebanyak 25 personil, Senkom sebanyak 20 personil, Dispora sebanyak 200 personil, dan Relawan kurang lebih 18.000 personil. Selain itu bek-up dari Polda Kalsel dan jajaran lain juga telah disiapkan bantuan bantuan kekuatan sebanyak 775 orang terdiri dari Polda Kalimantan Selatan 420 personil, Polresta Banjarmasin 115 personil, Polres Banjarbaru 95 personil, Polres Batola 70 personil, Polres Tanah laut 45 personil, dan Polres Tapin 30 personil.

Kata Yazid, "Pada kesempatan yang sangat baik ini atas nama pribadi dan selaku pimpinan Polda Kalimantan Selatan saya menyampaikan rasa hormat dan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini, utamanya kepada segenap personil Polri/TNI, Instansi terkait beserta relawan masyarakat yang telah bersama-sama dengan kita semua bekerja penuh dengan keikhlasan, suka cita sehingga pengamanan ini bisa terselenggara dengan baik, meskipun dihadapan pada bebagai dinamika situasi di lapangan namun kita harus mampu menciptakan situasi Kamtibmas yang tetap terjaga dengan kondusif.
Lanjutnya,"Kita menyadari betul bahwa haul Guru Sekumpul yang menjadi agenda tahunan ini merupakan kegiatan keagamaan yang menjadi tanggung jawab kita bersama, dengan harapan laksanakan tugas ini dengan penuh kesungguhan rasa ikhlas dan tanggung jawab, karena tugas yang kita laksanakan ini adalah tugas yang sangat mulia dan bernilai ibadah, dan tugas ini adalah tugas keamanan, oleh karenanya anggota yang ditempatkan dilokasi pengamanan agar memahami tata cara, SOP, bertindak sesuai kaedah keamanan dan ploting yang sudah ditentukan, ingat bahwa tamu-tamu kita tidak hanya datang dari Banjarmasin dan sekitarnya tetapi juga berbagai penjuru, bantu mereka jika ada kendala dan kesulitan, kalau menghadapi banyaknya jamaah agar personil melayani dengan baik serta bersikap ramah dan santun," tutupnya.(Mud)

Tidak ada komentar: