Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Upaya ULMWP Masuk Menjadi Keanggotaan MSG Tidak Mewakili Rakyat Papua, Hanya Untuk Kepentingan Perut Benny Wenda

Suarabamega25.com – United liberation Movement of West Papua (ULMWP) sebagai organisasi sayap sparatis yang di ketuai oleh Benny wenda yang berada di luar negeri mencoba kembali untuk membohongi rakyat Papua, setelah sebelumnya pada tahun 2016 dan 2018 permintaan mereka untuk masuk menjadi anggota penuh organisasi internasional Melanesian Spearheaded Groups (MSG) ditolak, Organisasi ini mencoba mencari perhatian untuk mengajukan permohonan agar dapat diterima menjadi keanggotaan penuh (full membership) di MSG.

Langkah ULMWP untuk menjadi anggota penuh MSG sudah barang tentu tidak akan berhasil, karena ini tidak mewakili orang asli Papua. Mereka ini adalah segelintir orang Papua yang mencari suaka diluar negeri seperti yang dilakukan oleh Benny Wenda Cs, Prinsip – prinsip dasar dalam pembentukan MSG yang sudah direvisi pada tahun 2015 secara jelas mengatakan jika anggota MSG wajib menghormati kedaulatan dan tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain, prinsip dasar itu jelas bertolak belakang dengan apa yang dilakukan oleh ULMWP yang jelas menggangu dan tidak menghormati kedaulatan Indonesia.

Dan hal ini sudah tidak dibutuhkan lagi oleh orang asli Papua, oap saat ini semakin banyak yang mengembangkan dirinya untuk membangun Papua daripada mengurus hal-hal yang tidak mungkin dicapai.

Para Pengamat dan Diplomat luar negeri menyimpulkan tindakan yang dilakukan ULMWP untuk dapat menjadi anggota penuh MSG hanya sebuah manuver mencari perhatian dunia internasional dan yang pada akhirnya akan sia-sia seperti tahun-tahun sebelumnya, selain Prinsip dan syarat dasar diterimanya menjadi anggota MSG tidak mungkin dipenuhi oleh ULMWP, juga minimnya dukungan negara yang tergabung dalam MSG sehingga semakin menguatkan sebuah keniscayaan.

Indonesia yang telah menjadi anggota penuh MSG sejak tahun 2015 lalu semakin menunjukkan eksistensi sebagai “leader” dalam berperan aktif untuk membantu negara – negara dikawasan Pasifik tersebut, diketahui Saat ini nilai perdagangan Indonesia dengan negara-negara MSG mencapai US$260 juta, nilai ini dipastikan kedepannya bisa ditingkatkan lagi, selain itu pada Pertemuan KTT MSG terakhir tahun 2018 kemarin Indonesia telah menyampaikan komitmennya untuk menjadi mitra yang kuat bagi negara anggota MSG dalam mewujudkan visi MSG 2038 Prosperity for All, suatu rencana 25 tahun untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di sub-kawasan Melanesia. jelas langkah tersebut semakin membuat Indonesia memiliki tempat yang cukup berharga di kawasan Pasifik.

Isu-isu yang kerap dihembuskan oleh ULWMP di forum internasional tentang Indonesia pun tidak mendapatkan respon dari negara negara pasifik, terlebih Pada tahun 2018 kamarin Lembaga internasional Freedom House menyatakan bahwa pemilihan umum di Indonesia, termasuk di Papua dan Papua Barat, adalah bebas dan adil, hal tersebut menunjukkan jika masyarakat di provinsi Papua dan Papua Barat adalah politically free, yaitu memiliki Kebebasan berdemokrasi untuk mengelola anggaran dan pembangunan sendiri dan hal tersebut sudah diakui oleh dunia internasional.

Yang pasti, semakin eksisnya Indonesia dalam kancah politik negara pasifik semakin dan semakin banyaknya kebohongan-kebohongan politik yang dilakukan ULMWP membuat ULMWP kehilangan simpati di dunia internasional, nasional bahkan dari masyarakat Papua sendiri, jadi yang dilakukan ULMWP hanyalah sebuah pembodohan yang dapat mengganggu kemajuan generasi penerus Papua.

#SalamDamaiPapua
#PapuaMajuBersamaIndonesia

_Jakarta, 21 Juni 2019_
*George Albert Wainggai*

Tidak ada komentar: