Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Ditjen Hubud - Pemkab Kotabaru Sepakat Kembangkan Bandara Udara Gusti Sjamsir Alam



Suarabamega25.com, Jakarta (16/09/2019) – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dengan Pemerintah Kabupaten Kota Baru sepakat menjalin kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang pembangunan dan pengembangan Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam, Kotabaru Kalimantan Selatan, Senin ( 16/9/19)di gedung Mulawarman, Kementerian Perhubungan Jakarta.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti menjelaskan, kerjasama yang dilakukan bertujuan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi dan pariwisata, sehingga kemakmuran dapat tercapai secara menyeluruh bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Kota Baru dan masyarakat Indonesia secara luas.

“Melalui pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi udara dapat dimanfaatkan untuk melayani masyarakat pengguna jasa dari dan ke Kotabaru sesuai dengan standar keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan,” kata Polana saat memberi saat memberi sambutan.


Polana menambahkan, transportasi udara merupakan moda yang yang diminati dan dibutuhkan masyarakat, karena sifatnya yang cepat dalam melayani perpindahan orang maupun barang dan  juga mempunyai harga ekonomi yang kompetitif, sehingga menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia terutama masyarakat Kabupaten Kotabaru.

Sebagai komitmen pemerintah terhadap pentingnya tranportasi udara dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi negara sekaligus juga untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka pembangunan dan pengembangan Bandar Udara merupakan satu keharusan.

“Untuk itu kami berterima kasih atas dukungan Pemerintah Daerah setempat yang memprioritaskan  terhadap kebutuhan masyarakatnya. Saya berharap dengan diwujudkannya kesepakatan bersama ini , akan terwujud sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah  dalam melaksanakan pembangunan dan pengembangan Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam di Kabupaten Kotabaru,” tambah Polana.


Bupati Kotabaru, Sayed Jafar, S.H mengungkapkan rasa syukur atas kesepakatan dengan Ditjen Hubud dalam pengembangan bandara. "Dengan kesepakatan ini kiranya bandara mendapatkan perhatian khusus dalam usulan program pembangunan dan pengembangan bandara yang sesuai dengan PM No 142 Tahun 2019 Tentang Rencana Induk Bandara, seperti perpanjangan landasan pacu dll," ungkapnya.

Sayed menambahkan, kehadiran transportasi udara penting untuk memudahkan moda transportasi dan menunjang program pariwisata dimana Kotabaru akan menjadi kota industri yang didukung banyak objrk wisata di Pulau Laut Selatan.


Untuk mendukung kelancaran lancaran transportasi udara, kamj juga sudah menyurati beberapa maskapai seperti Garuda Indonesia, Citilink, TransNusa, Wings Air yang memiliki jenis pesawat ATR 42 seri 500-600 agar dapat beroperasi di Bandara Gusti Sjamsir Alam. Maskapai tersebut dapat menawarkan rute-rute baru seperi Balikpapan, Surabaya, dan rute lainnya sesuai dengan survey yang dilakukan.

"Kami juga berharap sesuai masterplan  yang ada, dan melihat Kalimantan yang luas, kami memohon dukungan untuk dapat mendirikan lembaga diklat yakni Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) atau Poltekbang seperti Medab, Makassar, Surabaya, Sentani, Curug dan Palembang, sehingga putra putri tidak jauh mengalami mengemban ilmu penerbangan," harapnya.


Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Gusti Sjamsir Alam, Ferdinan Nurdin mengatakan, akan mendukung pembangunan dan pengembangan Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam. 

"Pengembangan bandar udara, meliputi perpanjangan runway yang semula 1.650 m x 30 m menjadi 2.000 m x 45 m (lahan telah dibebaskan atau sudah masuk dalam sertifikat tanah bandara)," katanya.


Kata Ferdinan,"Saat ini, airlines yang beroperasi di Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam Kotabaru Adalah PT. Wings Abadi Airlines (Wings Air) dengan frekuensi penerbangan 3 kali sehari menggunakan ATR72-600 dengan rute Banjarmasin – Makassar – Banjarmasin. Sementara juga dilayani maskapai milik PT Hevilift Indonesia (tidak berjadwal) dengan penerbangan seminggu 2 kali.

Turut hadir dalam Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis serta jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Kota Baru, pejabat di lingkungan Ditjen Hubud,"tutupnya.(Red)

Tidak ada komentar: