Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Wamena Rusuh, Pemerintah Batasi Akses Internet


Suarabamega25.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) membatasi layanan internet setelah kerusuhan pecah di Wamena, Senin (23/9/2019). Pembatasan itu bersifat sementara, bakal dicabut setelah situasi dianggap kondusif.

“Untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Wamena setelah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait, pemerintah memutuskan untuk melakukan pembatasan sementara layanan data telekomunikasi pukul 12.30 WIB hingga suasana kondusif,” ujar pelaksana tugas Kepala Biro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, kepada Kompas.com, Senin (23/9/2019).

Setu menuturkan, hingga saat ini masyarakat tetap bisa berkominikasi menggunakan layanan suara dan pesan singkat.

Ia juga menuturkan, pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi hoaks, kabar bohong, dan ujaran kebencian berbasis SARA.

“Hasutan dan provokasi melalui media apapun termasuk media sosial sangatlah berbahaya. Maka, kami lakukan pembatasan layanan data agar proses pemulihan kembali kondusif,” tuturnya.

Demonstrasi yang berujung ricuh terjadi di Wamena pada Senin ini. Kerusuhan mengakibatkan aktivitas pertokoan, sekolah, serta kantor pemerintah dan swasta lumpuh. Massa melempar kantor Bupati Jayawijaya.

Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja mengatakan, aksi anarkistis di Wamena dipicu kabar hoaks yang berisi seorang guru melontarkan kata-kata rasis di sekolah. “Wamena minggu lalu ada isu, ada guru yang mengeluarkan kata-kata rasis sehingga sebagai bentuk solidaritas mereka melakukan aksi,” ujar Rudolf di Jayapura, Senin (23/9/2019).

Sumber: Seruindonesia.com 

Tidak ada komentar: