Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Pemkab Barito Utara Lakukan Penutupan Lokalisasi


Suarabameg25.com, MUARA TEWEH - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara (Batara) akan melakukan penutupan lokalisasi di Km 3,5 Muara Teweh-Puruk Cahu atau sering dikenal dengan Merong. Rencana penutupan tersebut akan dilakukan November 2019 ini.

Plt Kepala Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Batara, Eveready Noor melalui Kabid Rehabilitasi Dinsos PMD Walter menyampaikan, bahwa Peraturan Bupati (Perbup) sudah dikeluarkan, sehubungan dengan penutupan lokasi prostitusi yang berada di km 3,5 tersebut.

"Perbupnya sudah ada, tinggal nantinya bersama dengan FKPD, instansi terkait, tokoh masyarakat, pemuda dan lainnya menertukan tanggal penutupan tempat lokalisasi tersebut," ujar Walter, belum lama ini.

Dijelaskannya, sesuai data yang ada di Dinsos PMD ada 120 orang yang berprofesi sebagai pekerja seks komersial (PSK) di tempat tersebut. Dari jumlah total PSK, hanya ada 15 orang yang mau dipulangkan dengan didampingi dari pihaknya. Sedangkan yang lain, memilih pulang sendiri.

 "Kami tidak bisa memaksa mereka pulang harus kami yang mendampingi. Yang paling terpenting, setelah penutupan dilakukan tidak ada lagi praktik prostitusi di tempat tersebut. Sebab ini merupakan program dari pemerintah pusat dan mereka yang tidak mau dipulangkan oleh pemerintah juga telah membuat surat pernyataan," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, setelah penutupan dilakukan, pihaknya juga akan melaksanakan upaya pencegahan praktik prostitusi masuk ke dalam Kota Muara Teweh. Seperti melaksanakan razia secara rutin, baik di tempat umum, penginapan, hotel, warung remang-remang dan tempat lainnya.

"Upaya pencegahan akan dilakukan, dengan melibatkan instansi terkait. Guna meminimalisir adanya kemungkinan negatif setelah penutupan lokalisasi tersebut,” pungkasnya.

Tidak ada komentar: