Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

6 Jenis Makanan Yang 'Haram' Dikonsumsi Penderita Diabetes



Suarabamega25.com - Makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh di Konsumsi oleh orang yang mengidap Diabetes Melitus? Terima Kasih Dokter.
Jawaban


Diabetes dapat dikontrol dengan cara mengadopsi pola hidup yang sehat dan seimbang, salah satunya adalah dengan memperhatikan pola makan atau diet sehari - hari. Diet yang dianjurkan adalah mengonsumsi makanan bergizi, rendah lemak dan kalori sehingga bisa mengontrol kadar gula darah.


Tidak hanya gula, penderita diabetes pun harus memperhatikan asupan karbohidrat yang dikonsumsi. Begitu pula halnya dengan makanan yang berkolesterol tinggi, sebaiknya dihindari. Berikut makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes :

Makanan yang kaya gula

Makanan dengan kadar gula tinggi seperti gula putih (gula pasir), es krim, donat, pastries, cokelat, serta makanan dengan pemanis buatan.


Makanan berkolesterol tinggi

Kondisi diabetes menyebabkan kadar kolesterol baik menurun, dan sebaliknya meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Hal tersebut menyebabkan meningkatnya resiko penyakit jantung koroner.

Oleh karena itu beberapa jenis makanan yang berkolesterol tinggi seperti kuning telur, produk-produk susu tinggi lemak, unggas, daging merah, udang, keju, dan lain sebagainya, sebaiknya dihindari atau dibatasi secara cermat.


Beberapa buah dan sayuran

Hindari jenis buah-buahan yang mengandung kadar glukosa dan sukrosa yang tinggi seperti buah mangga dan stroberi menyebabkan lonjakan kadar gula darah pada penderita diabetes. Begitu pula halnya pada beberapa jenis sayuran yang kaya akan kandungan pati, seperti kentang dan labu, juga harus dibatasi dengan hati-hati.

Minuman beralkohol

Minuman beralkohol cenderung akan meningkatkan kadar gula darah, dan konsumsi alkohol dalam jumlah yang tinggi dapat membahayakan penderita diabetes.


Goreng-gorengan

Penderita diabates harus membatasi konsumsi gorengan, khususnya yang digoreng dengan minyak terhidrogenasi, karena kecenderungannya untuk meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, juga sarat akan lemak trans yang tidak sehat.

Produk makanan olahan



Jenis makanan fast-food yang banyak dipasarkan dimana-mana sebaiknya dihindari.


Tidak ada komentar: