Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Tips Dalam Membangun Rumah Dengan Budget 30 Juta



Model rumah dengan budget 30 juta

Suarabamega25.com - Setelah kita mengetahui beberapa desain rumah dengan budget 30 juta. Tentu, tidak lengkap rasanya jika kami tidak membahas mengenai tips dan cara-cara yang bisa Anda lakukan serta beberapa pertimbangan dalam membuat rumah. Jangan sampai ketika Anda membuat sebuah rumah justru harus overbudget dikarenakan Anda tidak merancang dan mempertimbangkannya secara matang. Berikut ini beberapa langkah dan tips yang bisa Anda lakukan ketika berencana membuat sebuah rumah dengan budget sekitar 30 juta, diantaranya:

Mulai dari pondasi
Pondasi

memang menjadi langkah pertama yang akan Anda lakukan ketika membuat sebuah rumah. Pondasi menjadi komponen yang paling penting dalam membuat sebuah rumah. Untuk rumah dengan budget sekitar 30 juta tentunya Anda perlu mempertimbangkan dalam pemilihan bahan. Membangun rumah untuk pondasi tentunya dapat Anda pilih dari batu kali, semen dan dan juga pasir dengan perkiraan biaya sekiat 2,5 juta rupiah saja.


Tembok
Setelah pondasi tentunya akan mulai membangun tembok dengan menggunakan beberapa bahan seperti batu bata, pasir dan juga semen. Pastikan pula Anda membeli bahan untuk tembok tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai kurang dan juga lebih. Untuk ukuran sekitar 7mx3m tentunya dibutuhkan bata sekitar 4 ribu bata dengan estimasi biaya sekitar 2.5 juta rupiah ditambah dengan semen dan juga pasir sekitar 1.5 juta sehingga total untuk biaya tembok yakni 4 juta rupiah.

Kusen
Setelah kita menghitung tembok, langkah selanjutnya kita akan mengalokasikan biaya untuk kusen. Dalam tahap ini kusen yang akan dipilih yakni kusen pintu dan jendela. Untuk ukuran rumah 7mx3m perkiraan kusen yang dibutuhkan sekitar 4 kusen jendela dan 2 pintu dengan perkiraan biaya sekitar 2 juta rupiah.

Atap
Untuk bagian atap tentunya ada beberapa pilihan seperti cor, atap genteng dan atap asbes. Untuk budget 30 juta, janganlah Anda memilih atap dari cor. Anda tentunya bisa memilih atap dari genteng dan asbes. Estimasi biaya yang bisa Anda alokasikan untuk membeli bahan ini yakni sekitar 5 juta rupiah.

Material kamar mandi
Biaya untuk kamar mandi tentu harus pula dipertimbangkan mulai dari pembelian kloset, keramik bak mandi, kran dan juga paralon. Biaya untuk membangun kamar mandi yakni dibutuhkan biaya sekitar 2 juta rupiah.

Pembangunan lantai
Untuk membangun lantai, jika Anda memiliki budget yang tidak cukup tentunya untuk sementara Anda bisa memilih lantai dari batu bata, pasir dan semen. Simpan dulu keinginan untuk mengaplikasikan keramik di rumah Anda. Hal ini bertujuan agar Anda tidak overbudget dalam membuat rumah. Estimasi biaya diperlukan untuk membuat lantai yakni sekitar 1 juta rupiah.

Upah
Dalam membuat rumah, tentu tidak bisa lepas dari upah tukang yang harus Anda bayar. Jika Anda mengalokasikan waktu untuk membuat rumah yakni sekitar 20 hari dengan tukang 2 orang, buruh 2 orang. Maka didapat perhitungan seperti berikut:

Tukang
Rp. 85.000 x  2 (orang) x 20 (hari) = Rp. 3.400.000

Buruh
Rp. 65.000 x  2 (orang) x 20 (hari) = Rp. 2.600.000

Listrik
Sistem pemasangan listrik untuk saat ini yakni sekitar 1.750.000.

Jadi, estimasi total biaya untuk membangun rumah yakni kurang lebih sekitar Rp. 24.250.000,00 dengan ukuran rumah 7mx3m. Estimasi biaya di atas dapat menjadi pacuan Anda untuk membangun sebuah rumah sederhana. Biaya tersebut tentunya belum termasuk pada biaya lain-lain yang kemungkinan Anda butuhkan ketika sedang berlangsungnya pembangunan rumah Anda seperti paku, papan dan juga cat rumah. 

Namun, kebutuhan tersebut bisa dialokasikan dari sisa perkiraan biaya Rp. 30.000.000,00 – Rp. 24.250.000,00 = 5.750.000, 00. Jadi, Anda memiliki biaya sekitar Rp. 24.250.000, 00 dengan biaya lain-lain sekitar Rp. 5.750.00,00. Untuk itu, perhitungan seperti ini memang harus Anda lakukan agar keinginan memiliki sebuah rumah dengan budget yang terbatas dapat Anda wujudkan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki sebuah rumah dengan biaya yang terbatas menjadi keingian semua orang. Tentu, dalam membuat rumah tersebut, Anda harus benar-benar mempertimbangkannya dengan sangat baik. Demikianlah beberapa model rumah dengan budget 30 juta serta tips-tips dalam membangun sebuah rumah dengan budget yang murah.

Tidak ada komentar: