Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

MENGAPA DINAMAKAN SHALAWAT JIBRIL


Sholawat Jibril adalah salah satu sholawat yg terpendek. Namun faidahnya sangat besar. Disebut sholawat Jibril karena yg pertama membacanya adalah Malaikiat Jibril, ketika memberikan ajaran pada Nabi Adam alaihis salam. Sholawat Jibril juga biasa disebut sbg SHOLAWAT JABROIL atau dimana sholawat ini adalah salah satu amalan penarik rezeki paling kuat.

Sholawat ini di sebut SHOLAWAT KHIDLIR, karena dalam hadits yg menjelaskan sholawat ini di riwayatkan oleh Nabi khidlir.

Ada yg menyebutnya dgn nama SHOLAWAT BABURROHMAH (pintu kasih sayang), karena di dalam hadits tsb ada kata "baban minar rohmah" artinya pintu kasih sayang

Demikian juga disebut dgn SHALAWAT RAHMAH artinya kasih sayang, karena salah satu dari keutamana shalawat ini yg di jelasakan dalam hadits tsb bisa menumbuhkan rasa kasih sayang.

Ada juga yg menyebutnya dgn nama SHOLAWAT QOSHOR artinya sholawat pendek, karena di antara beberapa sholawat, sholawat inilah yg paling pendek.

Alkisah, setelah terciptanya Siti Hawa bagi Nabi Adam, Allah subhanahu wa ta'ala melarang Nabi Adam alaihis salam untuk mendekatinya, sebelum beliau memberikan sebuah mahar. Dan mahar itu berupa shalawat, kemudian malaikat Jibril mentalqin (menuntun) bacaan “SHALLALLAH ‘ALAA MUHAMMAD” Kepada Nabi Adambalaihis salam, karena itulah shalawat ini dinamakan SHALAWAT JIBRIL.

Menurut Syeikhona Al-Alim Allamah Al-Arif Billah Mbah Kholil Bin Abdul Latif Mertajasah Bangkalan rahimahullah (Desember 1820 - Desember 1925 M Mertajasah), sholawat ini juga dinamakan  SHOLAWAT GEMBOLAN. 'Shalawat gembolan itu artinya sing bisa digembol. Artinya, bisa dibawa dan diamalkan ke mana2,''. Konon, shalawat ini telah dijadikan amalan rutin para ulama2 kuno dan para waliyullah (wali2 Allah). Shalawat Jibril adalah shalawat dari Allah subhanahu wa ta'ala yg Maha Mulia, yg disampaikan oleh malaikat yg mulia, dan diterima kepada manusia pertama yg mulia. Barangsiapa yg mau membacanya, ia akan mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah subhanahu wa ta'ala dan mendapatkan syafaat Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam. 

صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ

SHALLALLAAHU 'ALAA MUHAMMAD

Artinya: “Semoga Allah subhanahu wa ta'ala selalu melimpahkan shalawat kehadirat beliau Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam.”

Sumber, summarized and shared by Ahmad Zaini Alawi Khodim JAMA'AH SARINYALA

Tidak ada komentar: