Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Pemkab Kotabaru Gelar Sosialisasi Pengembangan Griya Sehat


Suarabamega25.com - Pemkab Kotabaru gelar sosialisasi Pengembangan Griya Sehat dan kunjungan ke Calon Griya Sehat dalam rangka  fasilitasi Pembentukan Calon Griya Sehat, Senin (8/03/2021) di Ballroom Grand surya Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kotabaru, Direktur Yankestrad dan Rombongan Kementrian RI, Kepala DinKes Prov Kalsel, Kepala SKPD Lingkup Kotabaru, Camat PulauLaut Sigam, dan kepala Puskesmas Sekabupaten Kotabaru.

Plh.Bupati yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kotabaru H. Akhmad Rivai menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini adalah upaya mengangkat Budaya Tradisional , apalagi Kabupaten Kotabaru memiliki wilayah yang sangat luas yaitu seperempat dari Provinsi Kalimantan Selatan dengan potensi tanaman obat-obatan khas Kalimantan yang beraneka ragam.

" Potensi tanaman obat-obatan khas Kalimantan yang beraneka ragam, banyak dimanfaatkan masyarakat seperti produk-produk tradisional, seperti obat temulawak, jahe, laos dan kencur, selain itu juga Pengobatan Tradisional Akupuntur juga akan kita kembangkan kedepannya".tutur H.Akhmas Rivai

" Harapan kita, dengan mengajukan proposal yang diserahkan kepada Dr.Gita Swisari dari Kementrian Kesehatan RI dan pada tahun 2022 akan dibangunkan gedung griya sehat ini, dengan fasilitas alat alat kesehatan lainnya, dengan terbentuknya griya sehat di Pantai Gedambaan dan sudah ada pos kesehatan masyarakat yang berekreasi di wisata tersebut dapat melakukan Pengobatan Tradisional Akupuntur".Lanjut H.Akhmad Rivai


Sementara itu dalam Laporan Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Hj.Ernawati mengemukakan, bahwa program dan kegiatan pelayanan kesehatan tradisional ( Yankestrad ) di Kabupaten Kotabaru dalam 3 tahun terakhir ini semua puskesmas sebanyak 28 puskesmas  telah mempunyai tanaman obat keluarga. Adapun output dari kegiatan griya sehat agar dapat memberikan Pengobata  Tradisional kepada masyarakat secara menyeluruh dengan mengedepankan pemanfaatan kearifan  lokal budaya setempat.

" Salah satu kegiatan yang sangat penting dalam upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di Kabupaten Kotabaru dan  sesuai Visi Misi Bupati Kotabaru tentang Pariwisata dan Agrobisnis kita wujudkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat yang terjangkau, merata, adil dan berkualitas serta mengemukakan  kearifan lokal yang didukung dengan pengembangan sistem dan data base riwayat kesehatan Berbasia Kecamatan, salah satunya melalui Wisata Griya Sehat   Pantai Gedambaan ( Wigas Pian ),"tutupnya.(red)

.

Tidak ada komentar: