Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Bupati Sayed Jafar Hadiri Panen Udang Vaname


Suarabamega25.com - Bupati Kotabaru menghadiri Panen Percontohan Budidaya Udang yang berada di jalan Berangas Km 12 Desa Gedambaan, Selasa (29/6/2021). 

Acara dihadiri Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin, FORKOPIMDA, Kepala Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalsel,

Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Payau Dan Laut Kotabaru (PBAPL Desa Teluk Tamiang Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar) Kabupaten Kotabaru, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Kotabaru, Camat, Kepala Desa, serta Pelaku Usaha Kelautan Dan Perikanan.


Bupati Kotabaru H Sayed Jafar mengatakan, kegiatan mengelola tambak udang merupakan aset untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan petambak di Kabupaten Kotabaru. 

Namun, menurutnya, permasalahan yang dihadapi sekarang adalah dengan potensi luas tambak di Kabupaten Kotabaru sebesar kurang lebih 6.000 hektar, tingkat produktifitas terhitung masih rendah karena hanya menghasilkan 50 sampai dengan 60 kilogram udang per hektar tambak. 

hal ini, disebabkan karena metode yang digunakan masih dengan metode budidaya tradisional atau belum ada teknologi tepat guna. Selain itu ketersediaan benih unggul yang masih sulit dan masih mengandalkan benih dari pulau jawa dan juga harga pakan untuk kegiatan budidaya yang masih lumayan tinggi. 

“Dengan adanya percontohan budidaya undang yang sudah dilaksanakan oleh pelaku usaha bersama dengan Dinas Perikanan ini. Saya berharap pelaku usaha atau petambak lainnya yang ada di Kabupaten Kotabaru bisa mencontoh dan menerapkan kegiatan budidaya yang ada sehingga produksi udang bisa meningkat, dari yang awalnya 50 sampai dengan 60 kilogram per hektar, bisa meningkat menjadi 1.800 sampai dengan 2.000 kilogram per hektar,”ujarnya. 

Bupati Kotabaru juga menginstruksikan kepada Dinas Perikanan agar memfasilitasi para petambak yang ada di Kabupaten Kotabaru untuk dapat mengakses permodalan, baik itu bantuan yang bersumber dari dana APBD dan APBN serta pihak swasta lain seperti perbankan dan CSR perusahaan atau lembaga lainnya. 

“Pemerintah Kabupaten Kotabaru akan terus mendukung kegiatan budidaya udang para petambak karena budidaya udang memiliki prospek yang bagus sehingga akan berdampak positif dalam rangka pertumbuhan dan pemerataan pembangunan serta percepatan ekonomi demi kesejahteraan masyarakat.”tutupnya. 

Plt Kepala Dinas Perikanan Kotabaru Ir H Akh Asbili, menjelaskan,  udang yang dipanen oleh Kelompok Mutiara Biru ini merupakan jenis udang paname. 

Sedangkan untuk pakan yang digunakan yaitu dari limbah kepala udang yang sudah tidak terpakai lagi. 

"Semoga dengan percontohan budidaya udang ini,  petambak di Kotabaru dapat menggeliat kembali dan produksi untuk eskpor dapat meningkat,"ucapnya. 

Pada kesempatan ini, juga diserahkan bantuan kartu kusuka kepada 10 orang serta santunan BPJS ketenagakerjaan untuk Ibu Sanayah dari Desa Pudi,"tutupnya.(red)


Tidak ada komentar: