Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Kenali Madu Kelulut dan Manfaatnya bagi Kesehatan


Madu kelulut adalah salah satu jenis madu yang mungkin cukup jarang terdengar. Madu yang memiliki nama lain stingless bee honey, atau madu meliponin ini berasal dari lebah Trigona itama dan Trigona thoracica.

Jika dibandingkan dengan madu biasa, madu kelulut memiliki beberapa keunggulan, salah satunya memiliki kadar air yang lebih tinggi. Selain itu, madu jenis ini juga memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan total karbohidrat yang lebih rendah.

Meski tidak cukup dikenal, ternyata banyak, lho, manfaat madu kelutut bagi kesehatan tubuh. Apa saja? Berikut penjelasannya:


1. Baik untuk Penyembuhan Luka

Madu Kelulut Baik untuk Penyembuhan Luka

Madu kelutut sering digunakan untuk menyembuhkan luka. Walaupun mekanismenya belum diketahui secara pasti, mengaplikasikan madu jenis ini pada luka sebagai salep tipis bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Hal ini karena adanya kombinasi antioksidan, antibakteri dan antiinflamasi dalam madu kelulut.

2. Mengatasi Peradangan

Anda mungkin baru tahu bahwa madu kelutut juga berkhasiat untuk menangani peradangan. Hal ini karena madu jenis ini mengandung antioksidan kuat yang mendukung efek antiinflamasi pada tubuh.

Madu kelulut mampu menghambat aktivitas enzim-enzim yang menghasilkan radikal bebas dalam tubuh sehingga berbagai macam penyakit kronis dapat dicegah.

Ilustrasi Kanker

Madu kelulut dikatakan mampu mencegah pertumbuhan kanker. Hal ini lagi-lagi diperoleh dari antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung dalam madu ini. Seperti yang diketahui, peradangan berkontribusi terhadap pertumbuhan sel-sel kanker.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang mekanisme pencegahan kanker oleh madu jenis ini.

4. Menurunkan Berat Badan

Sampai sekarang, obesitas merupakan masalah kesehatan di hampir seluruh dunia dan menjadi faktor risiko timbulnya berbagai penyakit.

Artikel Lainnya: Inilah Cara Paling Sehat Konsumsi Madu

Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan, madu kelulut memiliki efek antiobesitas. Hal ini ditunjukkan dengan berkurangnya jumlah sel adiposit atau sel lemak dalam tubuh tikus yang diberikan madu kelulut.

Madu Kelulut Sebagai Antibakteri Alami

Madu kelutut memiliki efek antibakteri. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan hydrogen peroksida yang tinggi dan ekstrak fenolik di dalamnya.

Kedua kandungan tersebut dikatakan ampuh untuk mengatasi empat jenis bakteri gram positif dan dua jenis bakteri gram negatif.

6. Memperkuat Sistem Imun

Sistem imun yang kuat akan mencegah berbagai macam penyakit, termasuk flu dan batuk. Walaupun terkesan sebagai penyakit yang sepele, gejala dari flu dan batuk bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Efek imunomodulator dalam madu kelulut bisa membantu memperkuat sistem imun sehingga mencegah penyakit-penyakit tersebut.

7. Berpotensi untuk Kesehatan Otak

Berpotensi untuk Kesehatan Otak

Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa salah satu komponen madu kelulut, yaitu fenilalanin dapat meningkatkan kerja dari senyawa yang bertanggung jawab untuk aktivitas listrik otak. Karenanya, kandungan ini bisa memperbaiki memori otak.

Tidak sampai di situ, penelitian lain juga menunjukkan bahwa madu jenis ini bisa meredakan kecemasan.

8. Memiliki Efek Antiaging

Radikal bebas tidak hanya memengaruhi tubuh dengan mencetuskan berbagai penyakit kronis. Radikal bebas juga menyebabkan penuaan pada kulit. Hal ini tentu dapat mengganggu penampilan Anda.

Sebagai sumber antioksidan alami, madu kelulut bisa bermanfaat untuk mencegah penuaan dengan menangkal radikal bebas pada kulit. Hasilnya, kulit akan tampak awet muda.

9. Baik untuk Penyandang Diabetes

Baik untuk Penyandang Diabetes

Madu yang satu ini memiliki efek menghambat enzim alfa amilase dan alfa glukosidase yang lebih baik dibandingkan madu lainnya.

Kedua enzim tersebut bertugas untuk memecah karbohidrat menjadi molekul gula yang sederhana sehingga penyerapan gula meningkat.

Oleh karena itu, madu kelulut memiliki khasiat bagi penderita diabetes. Sebab, madu jenis ini dapat menjaga agar kadar gula darah tidak meningkat drastis.

10. Menurunkan Kolesterol

Selain mengontrol gula darah, madu kelulut juga memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Seperti yang diketahui, kolesterol merupakan salah satu penyebab dari serangan jantung.

Selain mengurangi kolesterol jahat, khasiat lainnya dari madu kelutut adalah meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Nah, demikian penjelasan mengenai manfaat madu kelulut bagi kesehatan. Kebanyakan memang masih memerlukan penelitian lebih lanjut pada manusia. Namun, beberapa khasiat tersebut sudah terbukti dalam berbagai penelitian pada hewan.

Dengan demikian, madu jenis ini bisa menjadi salah satu agen pencegahan penyakit dan terapi alami yang menjanjikan di kemudian hari.

Tidak ada komentar: