Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Lapas Kotabaru Gagalkan 2 (Dua) Kali Upaya Penyelendupan Narkoba Lewat Ojek Online


Suarabamega25.com, Kotabaru – Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabaru kembali melakukan upaya penggagalan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu ke dalam Lapas Kotabaru, Jumat (24/12/2021)

Tidak main-main, kali ini dilakukan sekaligus 2 (dua) kali penggagalan upaya masuknya barang haram tersebut ke dalam lapas.

Berawal dari kecurigaan petugas layanan penitipan barang terhadap titipan barang dan makanan yang dititipkan melalui ojol (ojek online). Tampak ojol tersebut terlihat gugup dan ragu-ragu saat ditanyakan petugas terkait identitas penitip dan KTP penitip asli barang tersebut.

Petugas pun langsung memeriksa barang titipan tersebut bersama dengan petugas Pengamanan Pintu Utama (P2U). Setelah dilakukan pemeriksaan dengan sangat teliti didapati 1 (satu) paket Narkotika yang diselundupkan dalam kemasan roll on. 

Petugas yang menemukan barang tersebut langsung melaporkan hasil temuannya tersebut kepada Ka. Jaga, Ka. KPLP dan Kalapas. Atas hasil temuan tersebut Kalapas Kotabaru langsung melakukan koordinasi dengan Polres Kotabaru untuk dilakukan tindak lanjut dan pengembangan.

Tidak berselang lama kemudian, petugas layanan penitipan barang Lapas Kotabaru yang semakin sigap terhadap upaya masuknya barang terlarang ke dalam Lapas, kembali menemukan 1 paket narkoba jenis sabu-sabu yang kembali diselundupkan ke dalam kemasan roll on.


Kemudian semua barang bukti berupa 2 (dua) botol roll on dan 2 (dua) buah plastik klip kecil yang di dalamnya diduga terdapat Narkotika jenis sabu diserahkan kepada pihak Satresnakorba Polres Kotabaru untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Dalam keterangannya, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabaru, Yosef Yembise mengatakan penggagalan upaya penyelundupan Narkotika Jenis Sabu ini merupakan buah dari kerja keras yang dilakukannya bersama jajaran terhadap komitmen pemberantasan narkoba di Lapas Kotabaru.

“Jadi hari ini merupakan prestasi bersejarah yang kita lakukan bersama jajaran. Tidak hanya 1 (satu) kali, hari ini kita 2 (kali) melakukan penggagalan upaya penyelundupan Narkoba ke dalam Lapas.” Kata Yosef.

Sejak menjabat sebagai Kalapas Kotabaru selama 2 minggu ini, berbagai upaya telah dilakukan oleh Yosef. Salah satunya yakni tidak henti-hentinya melakukan penguatan terhadap petugas di garda terdepan Lapas Kotabaru yakni, Petugas layanan penitipan barang dan Petugas P2U.

“Upaya yang kita lakukan ini tentunya bagian dari pelaksanaan dari perintah atasan kita yakni 3 kunci Pemasyarakatan Maju yang disampaikan oleh Bapak Dirjenpas yaitu, Deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, Berantas peredaran narkotika, dan Sinergi dengan aparat penegak hukum dan pihak terkait.” Lanjut Yosef.

“Saya juga selalu mengatakan kepada jajaran saya untuk tidak main-main dengan narkoba, jika ada yang terbukti terlibat dengan narkoba, maka tidak tunggu waktu yang lama akan langsung saya tindak tegas.

Yosef berpesan kepada masyarakat untuk jangan berani lagi menyelundupkan barang-barang terlarang ke dalam Lapas Kotabaru.

"Saya sampaikan juga kepada siapapun untuk jangan ada lagi upaya-upaya seperti ini. Tolong jangan rusak proses pembinaan yang kami lakukan kepada warga binaan kami. Dengan ini kami tunjukkan bahwa seluruh Petugas Lapas Kotabaru solid dan berkomitmen penuh dalam pemberantasan Narkoba." Pungkasnya(red)




#

Tidak ada komentar: