Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Harga TBS Turun, Apkasindo Kotabaru Sampaikan Pesan Pada Pemkab


Suarabamrga25.com - Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) cabang Kotabaru Sampaikan Pesan dalam Aksi Keprihatinan Petani Sawit pada Pemkab Kotabaru, akibatnya anjlok dan tidak di terima lagi TBS, Selasa (17/5/22) di Op Room Sekdakab Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Acara dihadiri Sekdakab Kotabaru, Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru, Polres Kotabaru, Dinas Pertanian Kotabaru, perwakilan APKASINDO cabang Kotabaru, pertani sawit Kotabaru.

Sekda Kabupaten Kotabaru Drs. Said Akhmad, MM mengatakan, kesepakatan hari yang jelas kita tindak lanjuti sebab tugas pemerintah daerah memayungi petani swadaya kita, jangan sampai dipermainkan oleh Pabrik Kepala Sawit (PKS) yang nakal. Intinya ada pernyataan sikap hari ini yang kita tandatangani bersama ini akan kita kirim peda Gebernur.

"Hari ini kita sudah duduk bersama permasalahan sudah disampaikan para petani masalah harga TBS turun.

Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru Syairi Mukhlis, S.Sos mengatakan, pertemuan kita hari ini terkait apriasi teman -teman
APKASINDO dan petani sawit kotabaru terkait larang ekspor CPO sehingga turunnya harga TBS ini sangat merugikan petani, tentu ngadukan ke pemerintah daerah, nah tugas pemerintah wajib melindungi para petani di daerahnya.

"Sudah Jelas baik itu dari Permentan 21 tahun 2018 masalah menurunkan harga Meraka melanggar paraturan itu.

Pesan kami kepada teman-teman APKASINDO persolid lagi asosiasi ini seluruh petani kita gerak bersama untuk memperjuangkan hak- hak petani. Kita meminta kepada pemerintah daerah memperkuat Tim Satgas pengawasan harga TBS kepada PKS yang didalam ada dari Kepolisian, Kejaksaan, Pemda, DPRD, Dinas Perkebunan  dan APKASINDO Kotabaru menjadi Tim Satgas pengawasan terhadap PKS-PKS.

Koordinator APKASINDO cabang Kotabaru Khairul Sani mengatakan, hari kami dari
APKASINDO dan petani sawit kotabaru mengadukan ke Pemkab terkait larang ekspor CPO sehingga turunnya harga TBS ini sangat merugika  petani

"Salah satu dampaknya adalah harga Tandan Buah Segar (TBS) anjlok, petani kecil mengklaim mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah karena tidak dapat menjual panen maupun perubahan hargan dan banyaknya informasi pabrik-pabrik PKS yang tidak menerima TBS Masyarakat.

Kami sepakat pernyataan sikap hari ini yang kita tanda tangi bersama.

Tidak ada komentar: