Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Peringati Hari LH, PT SILO Bersihkan Pantai Dan Tanam Mangrove


Suarabamega25.com, KOTABARU - Sebagai wujud nyata dalam kepedulian terhadap lingkungan, PT Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO) turut ikut serta dalam memperingati hari Lingkungan Hidup (LH) pada tanggal 5 Juni. Kali ini perusahaan yang beraktifitas di Pulau Sebuku ini melaksanakan kegiatan peduli lingkungan, maupun sosial di sekitar lingkup area perusahaan.

Sekedar diketahui bersama, untuk tema yang diangkat pada peringatan hari LH tahun 2022 adalah "Only One Earth” atau satu bumi untuk masa depan.

Direktur Utama PT SILO, Tio Effendy Tios melalui Manager CSR & LA PT SILO, Rusyadi Kamrus menuturkan bahwa, mengawali kegiatannya pihaknya melakukan penanaman ratusan pohon sebagai upaya nyata yang dilakukan untuk menjaga keberlangsungan ekosistem alam. Kegiatan tersebut dilakukan bersama dengan para karyawan serta kontraktor perusahaan disalah satu area bekas tambang yang berlokasi di area Gunung Tinggi.

"Kemudian dilanjutkan pada kegiatan sosial dengan sasaran para siswa-siswi di salah satu TK di desa binaan perusahaan yaitu TK Pembina Desa Sungai Bali. Kegiatan ini bertajuk tema pendidikan lingkungan “Environment Education for Kids” dimana para siswa-siswi TK diajak untuk ikut serta berpartisipasi dalam menjaga lingkungan sekitarnya, dimulai dari ajakan untuk membuang sampah pada tempatnya," tutunya.

Selain itu, lanjutnya lagi, kegiatan internal perusahaan diselenggarakan kegiatan seminar serta perlombaan bagi para karyawan perusahaan yang bertemakan lingkungan hidup.

Kegiatan lain yang diselenggarakan PT SILO dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup adalah aksi bersih pantai dan penanaman mangrove di Pantai Tanjung Mangkok Desa Ujung yang merupakan salah satu lokasi desa binaan perusahaan.

"Kegiatan ini diikutsertakan pula para pihak desa yang secara langsung dibuka oleh Kepala Desa Ujung, bahwa kegiatan seperti ini sangat diapresiasi karena juga sebagai salah satu kegiatan untuk memperkenalkan kepada karyawan perusahaan terkait sumber daya alam yang ada di wilayah mereka, dimana sumber daya alam tersebut wajib untuk kita jaga, salah satunya dengan kegiatan bersih pantai dan penanaman bibit mangrove ini," tambahnya.

Sementara Kepala Desa Ujung, Ahmad Kusairin sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh PT SILO. Menurutnya, hal tersebut tentu memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat pada umumnya.

“Adanya kegiatan ini sangat kami apresiasi karena sebagai salah satu wujud kepedulian PT. SILO terhadap lingkungan alam sekitar tambang, salah satunya di Pantai Tanjung Mangkok ini,” tuturnya, Minggu (26/6/2022) pada saat pembukaan kegiatan.

Dikatakannya lebih jauh, kurang lebih 50 orang karyawan yang ikut serta dalam kegiatan tersebut dengan total penanaman pohon mangrove sebanyak 100 bibit. Pemilihan bibit mangrove dipilih karena cocok ditanami diarea sekitar pantai untuk mengurangi erosi yang diakibatkan oleh ombak serta pasang surut air laut.

"Terimakasih kepada PT SILO yang melaksanakan kegiatan peduli lingkungan dan khususnya masyarakat, terntunya sangat baik sekali," jelasnya kemudian.

Dilain pihak, Ketua Panitia Peringatan Hari Lingkungan Hidup, Luhur Pambudi menyampaikan, kegiatan tersebut adalah bentuk nyata yang dilakukan oleh perusahaan yang dilakukan rutin dalam setiap tahun.

"Kegiatan ini kami jadikan sebagai program yang dilakukan tiap tahun dengan lokasi yang berbeda-beda agar semua masyarakat turut serta merasakan adanya kepedulian perusahaan terhadap lingkungan hidup masyarakat sekitar," tuturnya dalam sambutan di pembukaan kegiatan.

Harapannya, untuk kedepan kepedulian terhadap lingkungan akan terus dilakukan oleh perusahaan demi terjaganya ekosistem alam sehingga kelestariannya akan terus terjaga. Dalam hal ini tidak hanya pihak perusahaan saja yang ikut andil dalam pelestarian alam, namun masyarakat sendiri pun diharapkan dapat turut serta menjaga lingkungannya sendiri.

"Mudah-mudahan apa yang dilakukan perusahaan memberikan dampak baik bagi lingkungan alam demi terjaganya ekosistem alam, dan PT SILO pastinya akan terus mensupport kegiatan untuk menjaga keberlangsungan kehidupan alam dan lingkungan," tutupnya.(NN)

Tidak ada komentar: