Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

400 Lebih Calon Mahasiswa Baru ULM Tidak Daftar Ulang Setelah Dinyatakan Lolos Tes Jalur Mandiri


Suarabamega25.com, Banjarmasin - Ada plus minus dengan adanya kebijakan penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Lambung Mangkurat dengan jalur mandiri. Menurut Angga Parwito, SH MH., Direktur Kantor Hukum AP & Associates yang merupakan Alumni ULM Banjarmasin, program jalur masuk mandiri yang bukan merupakan yang pertama kali dan tahun ini hanya satu kali jalur mandiri. Dikatakan, dibukanya jalur ini, merupakan salah satu usaha yang cukup baik, karena banyak yang berharap bisa masuk ke ULM..

“Berkaitan dengan dibukanya Jalur Mandiri ULM, itu salah satu langkah yang baik, karena adik-adik SMA ini banyak berharap bisa masuk ke ULM. Apalagi bagi Mereka yang benar-benar menginginkan berkuliah, fokus mencari ilmu, sehingga mereka bisa mengatur waktu dan kegiatan perkuliahan Mereka. Tentu Mereka bisa berharap bisa masuk di Universitas Lambung Mangkurat,” ungkap Angga. Sementara itu, Di tahun 2022 ini Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin sudah menyelesaikan semua tahapan kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan diakhiri dengan jalur mandiri. 

Wakil Rektor Satu ULM Bidang Akademik Prof. Aminuddin Prahatama Putra kepada RRI mengatakan, kegiatan Ujian Tulis Masuk Mandiri Berbasis Komputer (UTMBK) diikuti hampir 6 ribu orang Calon Mahasiswa Baru. Kemudian yang dinyatakan lolos sebanyak 2.508 orang, namun yang melakukan daftar ulang hanya 2.049 orang atau sekitar 81,7%. Sisanya 18,3% atau 459 orang tidak melakukan daftar ulang, dengan alasan karena yang mengikuti tes berharap dapat kuliah di ULM melalui jalur Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Sehingga dari total kelulusan berharap, Calon Mahasiswa ini, karena sudah dinyatakan lulus dengan Bea Siswa KIP, lalu lanjut studi di ULM itu dengan biaya KIP juga, dapat Bea Siswa. Kenyataannya, karena dengan kouta yang terbatas, sehingga Kami (pihak ULM) tidak bisa mengakomodir itu. Artinya Mereka (Calon Mahasiswa) dinyatakan lulus, tetapi tidak mendapatkan jatah Bea Siswa KIP. Sebetulnya kalau mau bersabar, ini bisa saja Kita carikan nanti sumber pendapatan atau Bea Siswa yang lain. Karena di Lambung Mangkurat banyak sumber Bea Siswa itu, tetapi biasanya On Going (Mereka Sambil Jalan), sambil kuliah. Peluang itu Mereka ada yang lulus, Kita ganti. Tetapi tidak diakomodir dari Semester pertama, kecuali yang KIP. Sehingga kondisi inilah yang menjadi indikasi bahwa 400-an lebih Calon Mahasiswa yang mestinya lulus dari tahun 2022 melalui Jalur Mandiri ini tidak melakukan registrasi,” jelas Aminuddin. 

Aminuddin Prahatama Putra menyatakan, KIP Kuliah di ULM tahun ini hanya diberi jatah 900 orang saja, turun jika dibandingkan tahun lalu yang mendapatkan jatah KIP sebanyak 1.700 orang.

Tidak ada komentar: