Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Polres Kotabaru Menghimbau Masyarakat Tidak Mengonsumsi Obat Sirup Sementara


Suarabamega25com - Kapolres Kotabaru AKBP M. Gafur Aditya H. Siregar, S.I.K perintahkan seluruh jajaran Polres Kotabaru khusunya Bhabinkamtibmas untuk edukasi masyarakat terkait imbauan tidak mengonsumsi obat sirup untuk sementara, untuk menyelamatkan anak-anak dari gagal ginjal akut," kata M. Gafur Aditya H. siregar, Jumat (21/10/2022).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengimbau penggunaan dan penjualan obat sirup disetop untuk sementara waktu, menyusul temuan 206 kasus gagal ginjal akut misterius pada anak di Indonesia. 

Berbagai upaya edukasi bakal dilakukan. Mulai dari pemasangan pamflet, penyebaran buku edukasi, hingga menggunakan meme.

"Caranya dengan pemasangan pamflet, penyebaran buku edukasi bahaya obat-obat yang dilarang BPOM. Dengan memberikan informasi yang mudah dipahami oleh masyarakat dengan stiker, meme, maupun video.

"Kami meminta jajarannya agar mengimbau faskes untuk tidak menjual jenis obat yang dilarang pemerintah. Lakukan imbauan kepada seluruh apotek, klinik, rumah sakit, klinik dan praktik mandiri tenaga kesehatan untuk tidak menjual maupun menggunakan obat yang dimaksud (dilarang).

Adapun BPOM telah menarik peredaran lima merek paracetamol sirup. Di antaranya Termorex sirup (obat demam), Flurin DMP sirup (obat batuk dan flu), Unibebi Cough sirup (obat batuk dan flu), Unibebi demam sirup (obat demam), dan Unibebi demam drops (obat demam).

Kata Gafur,"Sebanyak 108 Bhabinkamtibmas akan dikerahkan untuk melakukan edukasi tersebut. Harapannya, anak-anak di Kabupaten Kotabaru bisa terhindar dari penyakit gagal ginjal akut.

Semoga seluruh anak-anak, khususnya di Kabupaten Kotabaru bisa terhindar dari penyakit gagal ginjal akut dan selalu sehat," pungkasnya.(red)

Tidak ada komentar: