Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan


Suarabamega25.com - Daun bawang umumnya digunakan hanya untuk pelengkap masakan. Namun,  sebenarnya memiliki ada banyak manfaat daun bawang untuk kesehatan.

Daun bawang yang merupakan bagian dari genus sayuran Allium memiliki banyak nutrisi.

10 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan : 

 1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan serat yang ada di dalam daun bawang ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Hal tersebut juga sudah terbukti dari adanya penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2019.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu kandungan yang ada di dalam daun bawang adalah mineral, yang mana kandungan mineral pada daun bawang dipercaya mampu membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, adanya kandungan seperti kalium, magnesium dan juga kalsium yang terdapat pada daun bawang juga bisa menjaga tekanan darah yang bisa mempengaruhi kesehatan jantung Anda.

Lalu, adanya kadar kalium yang mencukupi pada tubuh manusia juga begitu penting untuk membantu proses perpindahan sinyal listrik yang ada pada sistem saraf dan jantung. Ketika Anda rutin mengonsumsi makanan tinggi kalium seperti daun bawang juga bisa membantu melindungi dari adanya masalah detak jantung yang tak beraturan.

3. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Adanya kandungan vitamin C pada daun bawang juga terbukti berperan penting sebagai antioksidan dan bisa membantu untuk mengontrol kadar gula darah pada penderita penyakit diabetes. Ketika kadar gula darah tinggi secara terus menerus, maka bisa meningkatkan resiko terjadinya stress oksidatif.

Stress oksidatif merupakan suatu kondisi tubuh yang tak mampu melawan zat beracun seperti radikal bebas yang bisa mendorong perkembangan dari penyakit diabetes tersebut. Akan tetapi dengan bantuan mengkonsumsi daun bawang yang sudah terbukti kaya akan antioksidan.

Jadi, hal tersebut bisa membantu Anda dalam mencegah terjadinya radikal bebas serta bisa mengontrol kadar gula dalam darah atau diabetes.

4. Mencegah Terjadinya Risiko Penyakit Kanker

Daun bawang juga memiliki kandungan quercetin dan flavonoid yang dipercaya bisa memberikan manfaat mencegah terjadinya risiko penyakit kanker. Hal ini juga telah diperkuat dari adanya penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 oleh Curtin University.

Penelitian tersebut menjelaskan jika kandungan quercetin dan flavonoid pada daun bawang memiliki sifat anti inflamasi, antimikroba serta antikanker. Kandungan tersebutlah yang bisa membantu tubuh manusia melawan adanya pembentukan sel kanker.

Penggunaan ekstrak daun bawang juga dipercaya bisa memiliki efektifitas yang lebih tinggi ketika Anda ingin menggunakannya sebagai salah satu pencegahan adanya penyakit kanker.

5. Mencegah Terjadinya Peradangan

Kandungan quercetin yang terdapat di dalam daun bawang tak hanya bisa berfungsi sebagai melawan sel kanker saja. Namun kandungan tersebut juga bisa membantu mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi.

Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2020 menjelaskan jika kandungan quercetin bisa memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh secara menyeluruh. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat di dalam daun bawang juga bisa memberikan manfaat sebagai antioksidan yang ternyata juga memiliki peran penting untuk bisa melawan terjadinya peradangan.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Daun bawang juga memiliki kandungan vitamin A yang dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan mata, yang mana vitamin A dalam daun bawang bisa memperlambat progress perkembangan penyakit miopi atau rabun jauh, khususnya bagi anak usia muda hingga remaja.

Kandungan lain seperti vitamin C pada daun bawang juga terbukti bisa membantu mencegah terjadinya kerusakan oksidatif yang bisa menyebabkan penyakit katarak pada mata. Dari penjelasan tersebut bisa disimpulkan jika mengkonsumsi daun bawang secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan pada bagian mata.

7. Membantu Meningkatkan Kepadatan Tulang

Peningkatan kepadatan tulang. Tak hanya itu saja, adanya flavonoid pada daun bawang juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang secara menyeluruh.

8. Membantu Mencegah Terjadinya Gangguan Pada Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat pada daun bawang juga dipercaya mampu membantu mencegah terjadinya gangguan pencernaan seperti sembelit. Oleh karena itu ketika Anda rutin mengkonsumsi daun bawang, tentunya akan semakin mudah untuk mendapatkan kondisi sistem pencernaan yang lebih lancar.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sama dengan jenis sayuran lainnya, daun bawang ternyata juga efektif membantu program diet. Sekitar 100 gram daun bawang memiliki kalori sebesar 31 kalori. Sebuah studi juga menjelaskan jika daun bawang merupakan sumber air dan serat yang begitu baik digunakan untuk membantu mencegah munculnya rasa lapar dan justru bisa menambah rasa kenyang.

Selain itu, daun bawang juga memiliki serat larut yang bisa membentuk suatu gel di dalam usus. Hal ini juga terbukti efektif untuk membantu mengurangi nafsu makan secara alami. Sebuah studi lain juga menjelaskan tentang hubungan diet dengan mengonsumsi sayuran serta penurunan berat badan yang lebih konsisten dan stabil.

10. Sumber Vitamin

Banyak vitamin yang terkandung di dalam daun bawang. Ketikah Anda mengkonsumsi daun bawang secara rutin. Tentunya Anda juga membantu ketersediaan asupan vitamin di dalam tubuh.

Tidak ada komentar: