Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Haul ke 69 Al-Qutb Al-Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf


Suarabamega25.com, Gresik - Pada saat haul, Alun-Alun Gresik seperti menjadi lautan orang. Berbagai daerah datang ke Gresik. Bahkan, ada juga dari luar negeri datang. 

H-1 pelaksanaan haul, para jemaah juga mulai berdatangan. Mereka memilih datang terlebih dahulu, agar lebih nyaman dan memastikan mendapatkan penginapan. Sebab, dalam acara haul tersebut, ribuan bahkan jutaan jamaah itu bermalam ke Gresik.

Banyaknya, orang berdatangan ke Gresik selama haul. Secara tidak langsung membuat perekonomian Gresik bergeliat. Para pedagang kecil, tersenyum. Produk UMKM yang menjajakan makanan khas Gresik pun laku keras. Jalan-jalan pun diatur sedemikian rupa, agar tidak macet.

Masyarakat sekitar Jalan KH Zubair, Gresik itu saat haul tiba sangat antusias. Mereka mempersiapkan acara tahunan ini. Tiap acara haul ratusan ekor kambing dan sekitar 4 ton beras dimasak menjadi nasi kebuli untuk menjamu jamaah selama acara haul berlangsung.

Ketua Panitia Haul Habib Ali Abu Bakar Assegaf membenarkan bahwa peringatan haul Habib Abu Bakar Gresik kali ini diperkirakan lebih ramai dari tahun sebelumnya, dihadiri sekitar 100 000 muhibin dari berbagai pelosok tanah air dan mancanegara.

Seluruh elemen mulai dari Pemkab dan aparat TNI Polri turut membantu kelancaran acara transportasi tersebut. Mulai dari parkir, toilet umum, jalan memutar dan berbagai jenis bantuan termasuk kebutuhan logistik untuk tamu yang datang dari Jawa hingga luar Jawa.

Puluhan ribu tamu datang ke Gresik, tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga dari Asia, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam.

“Akan ada peserta dari seluruh provinsi di Indonesia. Beberapa sudah mengkonfirmasi kedatangan mereka bersama rombongan ke panitia. Kami menghimbau kepada para tamu untuk tidak berkerumun duduk di depan karena walaupun mereka di belakang, tetap akan menyeret mereka berkah,” kata Habib Ali.

Sekedar informasi, Habib Abu Bakar Assegaf terlahir di kampung Besuki (salah satu wilayah di kawasan Jawa Timur) tahun 1285 H.

Di saat terakhir hayatnya Habib Abubakar bin Muhammad Assegaf melakukan puasa selama 15 hari, setelah itu ia wafat pada tahun 1376 H. dalam usia 91 tahun, dimakamkan di pemakaman Masjid Jami’ Alun-Alun, Gresik, Jawa Timur.

Rangkaian Acara Haul Habib Abu Bakar Assegaf Gresik

Minggu, 23 Juni 2024 (16 Dzulhijjah 1445 H)

- Rauha dan Khotmil Ihya Ulumiddin di Kediaman Al Habib Abu Bakar Assegaf, Jalan KH Zubair 93, Gresik pukul 16.00 WIB

- Acara Hadrahdi Kediaman Al Habib Abu Bakar Assegaf, Jalan KH Zubair 93, Gresik pukul 21.00 WIB

Senin, 24 Juni 2024 (17 Dzulhijjah 1445 H)

- Pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW setelah waktu Shubuh di Kediaman Al Habib Abu Bakar Assegaf, Jalan KH Zubair 52, Gresik pukul 05.00 WIB

- Puncak Haul di Masjid Jami’ Alun-alun Gresik pukul 09.00 WIB sampai selesai.(Aji)

Tidak ada komentar: