Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Gerebeg Muharam Diakhiri Dengan Makan Bersama


Suarabamega25.com, Purbalingga - Senin malam Selasa, Tanggal 8 Juli 2024 / 2 Muharam 1446 H bada Shalat Isya berjamaah, kembali rangkaian Gerebeg Muharam yang berlangsung sedari Sabtu-Minggu-Senin di desa Cipawon Kec Bukateja Kab Purbalingga Jawa Tengah  dinyatakan berakhir.

Kali ini ratusan warga desa keliling desa dengan seantero sembari berdzikir dan melafalkan asma Qur'an sembari keliling jalan  kampung memutari desa dan dilakukan oleh kalangan laki-laki dewasa . Sementara sebagian pemuda dan ibu-ibu memasak sangat banyak.

Acara Gerebeg Sura  selain untuk menolak bala juga sekaligus berharap warga desa memperoleh ketenangan dan tenteram, sebagai upaya bersama antara pemerintah desa, santri, warga desa.

Hampir 2 jam dan melalui rute jalan setapak sampai batas desa, ratusan pemuda keliling kampung.

Sekitarnya jam 22.30 acara dipungkasi dengan doa oleh Kyai Shodiq dan jamaah pun kemudian disuguhi tumpeng kenduri desa sebagai wujud syukur segenap warga desa.

Ustadz Syukron makmun dalam pesan singkatnya di bulan Muharam menganjurkan warga memperbanyak membaca Qur’an (nderes tadarus). Ada juga yang membaca Ayat Kursi sebanyak 360 kali. Lepas itu sepanjang Muharam banyak membaca "Hasbunalloh wa nikmal Wakil, nikmal maulana wa nikmal nashier...".

Acara gerebek Suro yang digelar selama 3  malam berurutan juga mendapat kawalan pemuda karang taruna, Banser NU, santri Pondok Pesantren dan segenap warga desa. 

Di berbagai tempat di tanah air juga suasana pergantian tahun digelar dengan meriah penuh semarak dan meriah. Di kraton Solo , Jogjakarta, Cirebon,  Banten dll juga digelar acara menyambut tahun baru dengan acara sakral tradisi kraton Nusantara yang sarat dengan tradisi hari besar Islam.

(Aji)

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar: