Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Produksi Jengkol Di Abdya Melimpah, Harga Turun

Suara Bamega Online – Produksi jengkol milik masyarakat di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melimpah, sehingga harganya mulai turun dari Rp7 ribu menjadi Rp5 ribu per kilogram.

Marliyandi, petani Desa Meunasah Teungoh, Kecamatan Lembah Sabil di Blangpidie, Selasa mengatakan, selain produksi melimpah, permintaan masyarakat juga menurun.

Menurunnya permintaan buah jengkol, lanjut dia, karena pedagang luar Aceh, seperti dari Medan, Sumatera Utara tidak datang ke Kabupaten Abdya untuk membeli, sehingga harganya turun.

“Pohon jengkol itu setahun dua kali musim panen, yakni pada bulan Februari- Maret dan September-Oktober. Jadi, panen tahap pertama dulu harga buah jengkol yang masih berkulit dibeli pedagang luar dengan harga Rp7 ribu/kilogram dan dipanen sendiri oleh pembeli,” katanya.

Sedangkan musim panen raya buah jengkol tahap kedua pada September-Oktober 2017, kata dia, selain dipanen sendiri oleh petani, harga pembelianya pun murah, yakni hanya Rp5 ribu/kilogram.

Akibat turunya harga, mantan Kepala Desa Meunasah Teungoh ini mengaku mengumpulkan seluruh buah jengkol yang sudah dipanenkan petani di daerahnya selanjutnya dibawa ke Kota Banda Aceh dengan harapan dijual dengan harga lebih mahal.

“Buah jengkol ini saya jual enceran di Banda Aceh dengan harga Rp12 ribu/kilogram, itu yang masih berkulit. Kalau yang kulitnya sudah dikupas harganya Rp25 ribu/kilog.

Tidak ada komentar: