Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Pembukaan Diklat Keterampilan Bagi Pencari Kerja

Suarabamega25.com - Pembukaan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi bagi pencari kerja angkatan ke 2 Tahun 2018, Kemis (26/7/18) di Balai Latihan Kerja Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara dihadiri Sekda Kotabaru, Kepala BBPLK Bekasi Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia, Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kotabaru, Kepala BLK Kotabaru, SKPD, Perwakilan Perusahaan dan Peserta Pelatihan Kotabaru.

Kepala Balai Latihan Kerja Kotabaru H. Siswanto PH, S. Sos mengatakan kami menyampaikan laporan kegiatan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi bagi pencari kerja angkatan ke - 2 tahun 2018. Tujuan pelatihan memberikan bekal ketrampilan kerja berbasis kompetensi kepada pencari kerja lulusan SLTA yang tidak mampu melanjutkan kuliah ke jenjang perguruan tinggi, sehingga menjadi calon tenaga kerja yang kompeten dan mampu bersaing dipasar kerja.
" Pelatihan dilaksanakan di BLK Kotabaru selama 240 sampai dengan 320 jam pelatihan (1, 5 bulan) dengan metode pelatihan, 25 persen teori dikelas dan 75 persen praktek di worksop kejuruan masing - masing.  Materi kejuruan masing - masing yaitu komputer, teknik otomotif, teknis las, teknik listrik dan pengolahan hasil pertanian/ perikanan, dibimbing dan dilatih oleh instruktur dari BLK Kotabaru.
Kata Siswanto, " Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan pada angkatan pertama sebanyak 192 orang untuk 12 kelas kejuruaan, masing - masing 16 orang perkelas, 7 kelas di biayai APBN dan 5 kelas dibiaya APBN Kemnaker, dan Angkatan Ketiga akan dibuka kembali pada bulan September 2018 yaitu 7 kelas dari APBN dan 4 kelas dari APBD. Selama mengikuti pelatihan peserta akan mendapatkan fasilitas bahan teori, bahan praktek, pakaian kerja, biaya asurasnsi, makan siang 1 kali dan bantuan trasport.
Plt. Kepala Dinas Ketenagakerjaan Dan Transmigrasi Ir. H. Hasbi M. Tawab, S.H, MM mengatakan, laporan perkembangan bidang ketenagakerjaan secara umum sampai dengan bulan Juni 2018, kondisi relatif kondusif, tidak ada gejolak PHK, yang masih menjadi tugas berat kami adalah rendahnya jumlah pencari kerja yang membutuhkan lowongan kerja, berkaitan hal tersebut kami sampaikan dukungan dari Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi dan Balai Latihan Kerja.

" Terima kasih kepada pihak Kemenaker RI atau Kepala BBPLK atas dukungan anggaran dan pembinaan program terhadap BLK Kotabaru dan diharapkan dukungan tersebut berlanjut. Dengan dukungan penuh Bupati Kotabaru program - program ketenagakerjaan dan BLK dapat dilaksankan dengan baik.

Kepala BBPLK Bekasi Kemnaker RI Helmiati Basri, S. Sos, M. AP mengatakan, kita tahun ini fokus melatih siswa - siswa dan masyarakat yang ada di daerah, bagaimana bisa bersaing dengan negara  lain, menjadi siswa tenaga trampil, skil yang bisa bersaing di dunia luar.
Sekda Kotabaru Drs. Said Akhmad, MM mengatakan, kita menyadari bahwa dunia ketenagakerjaan selalu dihadapkan pada masalah pengangguran, kesempatan kerja , etos kerja, peningkatan produktivitas, PHK dan maslah - masalah  lainya yang tidak habis disepanjang masa. Kondisi dan situasi negara kita serta khususnya daerah kita pada saat sekarang iklim ivestasi rendah, sehinga tingkat penyerapan tenaga kerja reatif kecil.
" Bertambah jumlah angkatan kerja, terbatas lapangan kerja, minimnya ketrampilan dan keahlian yang dimiliki oleh pencari kerja merupakan pemicu dan problema yang selalu kita hadapi. Salah satunya alternatif dan selusinya adalah perlu peningkatan keterampulan dan kompentensi  para pencari kerja sesuai kebutuhan pasar. Pelatihan yang dilasankan oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi melalui UPTD Balai Latihan Kerja dan lembaga pelatihan siswa.
Kata Akhmad," Kepada saudara - saudara peserta pelatihan saya perpesan dan berharap kiranya dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius dengan bimbingan para instruktur, sihingga dengan bekal ketrampilan tersebut saudara dapat bersaing untuk memperoleh pekerjaan diberbagai sektor lapangan kerja yang tersedia, disamping itu saya berharap dan mendorong agar para peserta pelatihan juga berani menjadi wirausaha muda dengan bekal ketrampilan sudah dimiliki nantinya  setelah selesai mengikuti pelatihan di BLK ini. (Hasan)

Tidak ada komentar: