Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

SDN Sungai Taib Dikunjungi Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Kalsel

Suarabamega25.com -
SDN Sungai Taib Kotabaru dikunjungi Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Kemis (22/11/18)  di SDN Sungai Taib Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara dihadiri Tim Penilai UKS Biro Kesra Provinsi Kalimantan Selatan Dr. Rinah Dharmawati, Kepala Dinas Pendidikan Kotabaru Selamat Riyadi, S.Pd, M.Ed, Kepala Sekolah Negeri Sungai Taib Hj. Ida Mariana,  SKPD Kotabaru, Guru SDN Suangai Taib Kotabaru dan tamu undangan lainnya.
Penilai UKS Biro Kesra Provinsi Kalimantan Selatan Dr. Rinah Dharmawati mengatakan, sekolah sehat sudah melakukan upaya yaitu, UKS pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Itu diterapkan kepada peserta didik dan orang-orang yang ada di dalam lingkungan sekolah, tentunya jadi pembudayaan hidup bersih seperti, cuci tangan tangan sebelum makan; dan setelah makan kemudian gosok gigi, kemudian membuang sampah pada tempatnya, itu antara lain jadi sekolah sehat tentunya memenuhi Kriteria-kriteria.
"Kemudian kalau misalnya itu hasilnya sekolah harus memiliki toilet, sesuai dengan berapa jumlah murid perempuan, berapa jumlah murid laki-laki, Jadi kalau perempuan perbandingan 1 banding 25, jadi laki-laki saat 1 banding 40 yang untuk sekolah ini dengan jumlah murid perempuan dan laki-lakinya, apakah sudah memenuhi untuk rasio kecukupan. Kemudian tempat pembuangan sampah memang harus dipisah sampah itu ada organik dan non organik, jadi organik tadi bisa dimanfaatkan tadi untuk asalnya pupuk jadi pemilahan tadi sampah yang organik dibikin pupuk kemudian anorganik bisa dipilih jadi bahan untuk apa istilahnya yang bahan sampah yang bisa digunakan kerajinan anak nyata dan sebagainya dari bungkus permen dan botol minuman yang dari kemasan itu bisa dibikin untuk kerajinan tangan. 

Kata Rinah," Sekolah juga inovasinya botol minuman Aqua diisi dengan plastik ke dalam aqua tadi kemudian disusun menjadi tempat duduk ditutup dengan bahan kulit. Sekolah harus banyak kreativitas karena sekolah yang kita memang maju ke tingkat provinsi adalah sekolah yang memang sudah memenuhi untuk sarana prasarana.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotabaru, Selamat Riyadi, S.Pd, M.Ed, mengatakan, "Lomba sekolah sehat tingkat Kabupaten Kotabaru dulu yang pertama, jadi di Kabupaten Kotabaru terhadap tim Pembina UKS kabupaten yang seluruhnya terdiri dari dinas pendidikan, Dinas Kesehatan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten, serta bagian kesra Kabupaten Kotabaru, dari itu mereka telah mengadakan rapat dan musyawarah dan telah menentukan tim-tim sekolah yang mana yang mau dinilai.

"Jadi intinya yang pertama, mereka untuk sekolah memang berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kotabaru dan kita menyetorkan nama-nama sekolah dan dari 3 sekolah tersebut akhirnya dinilai oleh tim kabupaten tersebut, maka muncullah SDN 1 Sungai Taib sebagai sekolah yang terbaik untuk di tingkat kabupaten, "ungkapnya


Kata Selamat, "Untuk selanjutnya, diadakan persiapan dan pembinaan oleh tim Kabupaten Kotabaru untuk menghadapi penilaian di tingkat provinsi Kalimantan Selatan. Untuk lomba sekolah sehat Ini berjenjang mulai dari pendidikan anak usia dini Taman kanak-kanak Sekolah Dasar Sekolah Menengah Pertama sederajat Sekolah Menengah Atas sederajat, jadi yang jelas untuk di Kabupaten Kotabaru yang ikut kan itu dari taman kanak-kanak, SD, SMP 1 Kotabaru. Jadi dari tempat sekolah itu nanti jadi nilai yang akan diadakan pembinaan, mana saja sekolah yang harus diperbaiki dalam rangka untuk meningkatkan apa namanya fasilitas sekolah sehat dan bersih tersebut dan berjenjang, "jelasnya.


Kepala Sekolah Negeri Sungai Taib Hj. Ida Mariana mengatakan, "karena ini sudah berjalan, memang rutinitas kita begitu lama mempersiapkan, membenahi-membenahi apa saja yang dilengkapi yang kurang. Karena tujuan utama lomba itu bukan tujuan akhir, jadi dari awal kita sudah menyiapkan anak-anak kita melakukan kebersihan lingkungan, kebersihan diri, dan kebiasaan-kebiasaan lainnya. Di lomba ini kita hanya mengikuti aturan yang ada dan kita menyiapkan yang belum sempurna kita sempurnakan. (MUD).

Tidak ada komentar: