Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Sertu Hendra dari Tim Yon Intai Amfibi TNI AL Temukan Black Box di Kedalaman 30 Meter

Suarabamega25.com – Kotak hitam atau yang biasa disebut black box pesawat Lion Air JT610 akhirnya ditemukan. Black box ditemukan di hari ke-empat pencarian pesawat nahas yang jatuh di tengah perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10) lalu.

Adalah Sertu Hendra, penyelam TNI AL yang menemukan black box. Hendra beserta beberapa tim sempat putus asa untuk bisa menemukan kotak yang merekam seluruh percakapan di dalam kokpit pesawat itu.

“Memang kami sempat putus asa karena serpihan pesawat tidak banyak ditemukan (dalam laut),” kata Hendra kepada wartawan di JICT, Pelabuhan Tanjung Priuk,Jakarta Utara, Kamis (1/11).
Namun, dia beserta seluruh rekannya terus mengikuti petunjuk dan menyisir lokasi hingga mengerucutkan area pencarian di kedalaman 30 meter.

“Area semakin kecil lalu alatnya mengeluarkan reaksi dari sensitif tersebut. Akhirnya kami gali dan kami temukan black box,” ungkapnya.

Hendra merasakan arus kencang awal membelah dalamnya lautan. “Dari alat-alat yang digunakan kami percayakan begitu kami turun arus kencang, kemudian dengan keterbatasan kondisi dalam air kami menggunakan tali agar tidak terlempar atau terbawa arus,” katanya.

“Karena itu akan menghambat pencarian. Akhirnya kami kembali lagi (ke permukaan) untuk mempersiapkan tali. Lalu kami kembali lagi (menyelam),” ujarnya.

Saat ditemukan, kata Hendra, kondisi black box masih dalam keadaan utuh.

“Kondisi utuh kemudian hanya lecet-lecet dan terendam lumpur,” tutur Hendra.

Sumber: Seruindonesia.com

Tidak ada komentar: