Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Kotabaru Gelar Pencanangan Kampung KB dan Penyerah Alat Pertanian

Suarabamega25.com - Bupati Kotabaru H didampingi Ketua TP PKK Kotabaru menghadiri acara pencanangan kampung KB, Rabu (5/12/18) di halaman Pondok Pasantren As'adiyah Ahsanu Amala Kecamatan Pulau Laut Tengah Kabupaten Kotabaru Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara  dihadiri Camat Pulau Laut Tengah, Kapolsek Pulau Laut Tengah, Kasdim dan Danrami Kodim 1004 Kotabaru, Perwakilan Lanal Kotabaru, SKPD, Kepala Desa se-Kecamatan Pulau Laut Tengah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat.
Camat Pulau Laut Tengah Hj. Melinda Ratna Agustina mengatakan, Selamat datang dan terima kasih atas kedatangan Bupati Kotabaru bersama rombongan dalam acara pencanagan kampung KB. Kecamatan kami ini merupakan Desa ke-2 pencanangan kampung KB setelah yang pertama kali dicanangkan di Desa Semisir. Desa Salino merupakan salah satu ibukota Kecamatan Pulau Laut Tengah.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Kotabaru Drs. H. Joni Anwar, M.AP mengatakan, Kampung KB adalah merupakan salah satu program dalam rangka upaya penguatan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang dikelola dan diselenggarakan dari oleh dan untuk masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB sebagai upaya untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.
"Adapun pemasalahan kampung KB Desa Salino diantaranya adalah sumber mata air pengairan pertanian yang belum ada dan belum dikelola,  air laut yang masuk ke area pertanian karena kondisi letak berdekatan dengan laut, belum ada pabrik pengemasan hasil hasil pertanian, belum ada inovasi-inovasi hasil pertanian perkebunan, masih banyak petani yang belum mumpuni dalam keterampilan pengelolaan sawahnya, kelompok tani belum mampu memasarkan hasil panen dalam bentuk beras di skala besar, dari segi sarana dan prasarana beberapa kelompok pertanian perlu pembuatan pintu air, saluran dan jalan usaha tani.
Bupati Kotabaru Sayed Jafar, S.H mengatakan, pembentukan kampung KB merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden agar manfaat program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan membuat program KB bergema kembali dan dapat menjangkau masyarakat terutama yang berada di desa-desa seperti desa Salino Kecamatan Pulau Laut Tengah ini.
Kampung kb dibuat bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam upaya peningkatkan kualitas hidupnya sehingga memiliki ketahanan dan kesejahteraan yang lebih baik.
"Penggarapan program pembangunan berbagai sektor terkait di kampung kb ini diharapkan dapat dilakukan oleh seluruh masyarakat dengan fasilitas dari kepala desa, ketua rw, ketua rt, penyuluh kb, pkk, tokoh masyarakat, kader serta lintas sektor terkait. Dengan dijadikannya desa salino sebagai kampung kb maka pembangunan serta kesejahteraan masyarakat akan menjadi lebih meningkat kedepannya, baik dari kesehatan, pendidikan dan lainnya.
Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari Dinas Tanaman Pangan Dan Holtikultura yaitu berupa Hand Tractor Rotary, Dryer padi, Hand Sprayer, bantuan obat obatan pertanian, cultivator  kepada kelompok tani Desa Dalino. Penyerahan klaim asuransi usaha tani padi kepada kelompok tani Desa Mekarpura. Penyerahan bantuan hibah tentang perjanjian pemanfaatan penggunaan los pasar dari Kementerian Perdagangan.
Dan penyerahan bantuan bola dan jaring dari Bupati Kotabaru kepada pembina sepak bola desa Salino.(Humas/ Ebet)

Tidak ada komentar: