Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Anak-anak dan Remaja di Kotabaru Meriahkan Ramadhan dengan Bergarakan Sahur

Suarabamega25.com - Salah satu tradisi di bulan Ramadhan seperti yang dilakukan anak-anak belasan tahun keliling kampung untuk membangunkan sahur warga Masyarakat Kabupaten Kotabaru masih berjalan, Minggu (12/05) dini hari.

Nauval Baihaqi mengatakan, Sekelompok anak-anak muda dan anak kecil berjalan mulai pukul 02:30 wita bermodal ember, derijen sebagai gendang dan peralatan lainnya berkeliling sambil berteriak,”Sahur... Sahur...Sahur... Ibu-ibu, Bapak-bapak Sahur..Sahur…”.

Diantara mereka tak hanya berteriak sahur saja, terkadang diselingi kumandang Shalawat Nabi Muhammad.SAW untuk membangunkan warga di Seputar Jln. H. Agussalim Gg. Fajar- Jln. Sisingamangaraja, Kecamatan  Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru untuk mengajak warga menunaikan ibadah puasa ramadhan, demikian pula di Kelurahan Kotabaru Tengah.
“Arak-arakan anak-anak belasan tahun ini tentunya menyemarakan suasana bulan Ramadhan, ditengah mereka kebetulan sedang masa liburan sekolah selama satu bulan di bulan Ramadhan. sehingga mereka berkumpul bersama-sama di langgar (musholla) untuk selanjutnya pukul 02:30 wita mereka bergerak berkeliling membangunkan sahur warga,” kata Nauval Baihaqi.
Ketua RT. 02, Gang Fajar, H. M. Kamarudin mengapresiasi kegiatan yang digagas tersebut. Lebih lanjut Kamaruddin menambahkan kegiatan  Ini sudah menjadi tradisi daerah kita selama di bulan Ramadhan, orang daerah sini menyebutnya dengan bergarakan sahur yang artinya membangunkan sahur. 
“Kalau dulu mereka membangunkan sahur dengan dawuh atau bedug beserta gerobaknya dan era sekarang mereka gunakan ember, derijen, drum atau kaleng-kaleng bekas cat, bambu serra peralatan rumah tangga yang sudah tidak terpakai lagi yang dipukul sebagai media peralatan gendangnya dan semua ini tentunya membuat meriah suasana di bulan Ramadhan hingga masyarakat terbantu untuk menunaikan ibadah puasa esok hari,” pungkasnya. (Dhani)

Tidak ada komentar: