Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Manaqib Datu Sapat Alimul Allaamah Syeikh Abdurrahman Shiddiq

Suarabamega25.com - Silsilah Keturunan dan  Kelahiran Serta Masa Menuntutnya.
                     ~~~~~~~***~~~~~~~~

بسم الله الرحمن الرحيم.الحمد لله الذى اختار من عباده العلمآء.والصلاة والسلام على سيدنا محمد المختار وعلى آله الأطهار وأصحابه الأخيار وكل من أحبهم.أما بعد:



 Al 'Alimul 'Allaamah Syeikh Abdurrahman Shiddiq atau yg lebih di kenal dgn sebutan "TUAN GURU DATU SAPAT",Beliau adalah seorang Ulama besar yg lahir pd thn 1857M/1284H di sebuah kampung yg bernama "DALAM PAGAR" Martapura,Kalimantan Selatan.
Beliau Lahir dimasa kepemerintahan SULTHON ADAM AL WASTIQI BILLAH Bin Sulthon Sulaiman AlMu'tamadillah yg memerintah di kerajaan Banjar sejak tahun 1825M-1857M.

 Ayah nya bernama Syeikh.Muhammad Afif (Datu Landak) Bin Ummi Sari Binti Kholifah Syeikh.Zainuddin Bin Maulana Syeikh.Muhammad Arsyad Al-Banjary atau yg lebih di kenal dgn "DATU KELAMPAYAN" pengarang ktb SABILAL MUHTADIN.

     Semasa kecil Beliau belajar ilmu agama dgn NENEK nya sendiri yg bernama UMMI SALAMAH.Setelah menganjak dewasa Beliau terus belajar ilmu agama kpd beberapa Tuan Guru yg ada di desa "DALAM PAGAR" di masa itu.

Diantara nya (Guru-Guru Beliau):

1.Al'Alimul Fadhil Al Hajj Tuan Guru.Sa'id Wali.
2.Al'Alimul Fadhil Al Hajj Tuan Guru.Muhammad Khotib.
3.Al'Alimul Fadhil Al Hajj Tuan Guru.Abdurrahman Muda.Dll.

      Kemudian setelah Beliau selesai belajar ilmu dgn TUAN GURU yg ada di sekitar tempat tinggal, Beliau bercita cita ingin melanjutkan belajar ilmu agama ke TANAH SUCI MAKKAH,Namun sebelum berangkat bekal utk kesana tdk cukup.Akhir nya Beliau berusaha dgn berkeliling Negri mengembara ke berbagai Negri,di antara nya kewilayah SUMATRA dan sekitarnya,Bangka-Palembang,Pariyaman,Singkil,Parlak,Aceh,Padang dan Natal,dalam rangka perjalanan ILMIYAH sambil berdagang batu permata sebagai modal utk melanjutkan pendidikan agama nya ke tanah Haram.

        Di masa pengembaraan nya itu,Beliau juga sambil mengajar ilmu agama yg Beliau peroleh selama tinggal di kampung DALAM PAGAR.Di masa perantauan itu Beliau juga menyempatkan waktu utk belajar serta meminta do'a dan berkah kepada beberapa ULAMA (TUAN GURU) yg masih hidup ataupun yg sudah wafat di masa itu.
Kemudian setelah di rasa cukup terkumpul perbekalan utk pergi ke TANAH SUCI,Beliau pun memohon do'a restu kpd Orang Tua Beliau,dan sanak keluarga serta GURU2 Beliau utk meneruskan pendidikan nya di Negri Makkatul Mukarromah.Dan akhirnya tercapai juga cita2 Beliau utk menuntut ilmu di Tanah Suci.

Selama kurang lebih 7 thn Beliau berada di Negri Makkah & Madinah banyak lah Ilmu2 serta Sanad2 dan kedeseplinan ilmu dan berbagai pengalaman yg lain yg Beliau dapat disana.Dan atas ketajaman otak (kecerdasan) dan kealiman yg luar biasa,Beliau diberi gelar oleh Guru nya "AS-SHIDDIQ",Artinya Orang yg BENAR dlm sgl ILMU & AMAL nya.Sehingga jadilah nama Beliau menjadi "Syeikh.Abdurrahman Shiddiq".
______________________________

GURU-GURU BELIAU SELAMA DI TANAH HARAM:

Di antara GURU2 Beliau selama di Tanah Haram yaitu:

1. Syeikh.Mufti Sayyid Zaini Dahlan (pengarang ktb Safinatun Naja).
2. Syeikh.Nawawi Al-Bantani (pengarang ktb tafsir Marahul Labib & ratusan ktb lain nya).
3. Syeikh.Bakri Syattho (pengarang ktb I'anatut tholibin).
4. Syeikh.Muhammad Sa'id Ba Bashil.dan bnyk lagi yg lain nya yg tdk di ketahui di masa itu.

Selama tinggal di Makkah,Beliau di percayakan oleh Guru nya utk mengajar di ALQOH Masjidil Haram dgn mengajarkan berbagai FAN2(PAK2) Ilmu agama,di antara nya: Ilmu Tafsir,Ilmu Hadist,Tauhid,Tashowwuf,Lugot dan lain lain nya.
______________________________

PERJALANAN&PERJUANGAN DAKWAH DLM PERANTAUAN DI NEGRI ORG SAMPAI AKHIR HAYAT BELIAU"
========::======::======::======:::======::========

ألا بذكر مناقب الأوليآء تنزل رحمات

"Mudah2n dgn di bacakan nya sebahagian drpd MANAQIB (PERJALANAN HIDUP) Para Auliya,terlebih khusus manaqib Datu Sapat akan di turunkan beberapa RAHMAT dr Allah ta'ala berupa anugrah rizki hissi dan maknawi"Aamiiin yaa Robbal'aalamiiin.

Setelah tidak begitu lama Beliau Syeikh.Abdurrahman Shiddiq Al-Banjary pulang dari Tanah Suci Makkah dan kembali ke kampung halaman,Beliau kembali melanjutkan MERANTAU ke berbagai Negri di sekitar Jawa dan Sumatra.Ketika Beliau sudah berada di tanah JAWA,Beliau ditawarkan utk menjabat sebagai MUFTI BATAVIA (sekarang JAKARTA) untuk menggantikan MUFTI Sayyid Ustman Bin Abdullah Bin Aqil Bin Yahya,atau yg lbh di kenal dgn Sayyid Ustman Betawi,Namun Beliau menolak nya secara halus.Dan lagi di KESULTHONAN JHUHOR Malaysia,Beliau juga di tawarkan menjadi MUFTI disana,Namun Beliau kembali menolak nya.

Akhir nya,setelah Beliau bermuqim di PULAU BANGKA selama kurang lebih 15 thn,dan kemudian bermuqim di kampung SAPAT Indra Giri akhirnya atas permintaan SULTHON Indra Giri pd masa itu Sulthon MahmudSyah,Beliau Tuan Guru Syeikh Abdurrahman di MOHONKAN(diminta dgn sangat) untuk mau menjadi MUFTI Indra Giri yg berkedudukan di kota RENGAT Riau-Sumatra,Namun pd awal nya Beliau menolak nya,akan tetapi atas dasar pertimbangan yg matang,Demi untuk kemashlahatan Ummat dan Agama,akhir nya Beliau memperkenankan nya (menjadi MUFTI),dengan SYARAT sebagai berikut:

1. TIDAK MENGGANGGU KEGIATAN HAMBA DALAM BELAJAR MENGAJAR YG BERADA DI KAMPUNG HIDAYAT-SAPAT.

2.HAMBA TIDAK BERKENAN MENERIMA UPAH/GAJIH SELAMA HAMBA MENJABAT SEBAGAI MUFTI.

 Akhirnya Sang Sulthon memperkenankan akan SYARAT2 tersebut.(Tambahan dari Saya Penulis ini status dan sesuai dgn apa yg saya dengar dari mulut Penulis ini Manaqib)bahwasanya:"DATU SAPAT SELAMA MENJABAT MENJADI MUFTI KERAJAAN INDRA GIRI,SE PERSEN PUN TIDAK PERNAH MENGAMBIL GAJIH JABATAN MUFTI",SEDANGKAN UNTUK MENCUKUPI KEBUTUHAN BELIAU SEHARI HARI YAITU HASIL DARIPADA JERIH PAYAH BELIAU SENDIRI DENGAN BERKEBUN KELAPA DAN BERLADANG".

Selama kurang lebih 27 thn menjabat menjadi MUFTI Kesulthonan INDRA GIRI dengan bermacam macam pengalaman yg ditemuinya,berupa suka dan duka,Akhir nya Beliau memohon diri untuk berhenti menjadi mufti dengan berbagai alasan dan pertimbangan Beliau,di antara nya Beliau merasa badan rasa sudah uzur (lemah),tidak sempurna lagi mengerjakan kebun dan lain lain nya,payah (sulit) untuk membalas dan menulis FATWA2 yg datang dari tempat yg jauh,dll nya daripada urusan2 sebagai MUFTI.

Beliau Datu Sapat tinggal di sebuah kampung yg bernama "HIDAYAT" Artinya "Negri yg mendapat Petunjuk".Beliau memiliki 9 orang ISTRI,dan mempunyai kurang lebih 30 Orang anak dan beberapa orang Menantu.Beliau ketika berada di HIDAYAT-SAPAT,rame lah orang2 datang berkunjung (ziarah) dari berbagai Negri dan Suku.Ada yg khusus berkunjung untuk menuntut Ilmu kpd Beliau,ada yg minta amalan2,Fitwa2,Do'a dan memgambil BERKAT serta memberikan hadiah ala kadar nya kpd Tuan Guru Datu Sapat,ada yg berupa padi,Emas,Uang,Kain,Buah2an dan lain lain nya.Yg demikian itu adalah semata2 sebagai tanda KECINTAAN dan ADAB mereka terhadap TUAN GURU yg mengajari mereka.

Dengan bermuqim nya Beliau di kampung SAPAT,rame lah orang2 pergi ke Sapat,bahkan ada yg pindah utk bermuqim disana,ada yg hanya sekedar berkunjung dan tinggal beberapa bulan,bahkan ada yg sampai setahun yg demikian itu hanya semata2 utk menuntut Ilmu kpd Beliau,serta menolong Beliau dlm membangun Negri,Mesjid dan Madrasah sambil berkebun dan berladang dan usaha yg lain nya.Yg semua itu Beliau beserta Masyarakat lakukan di peruntukan membangun dan membina AGAMA & UMMAT,Bahkan Beliau mewaqofkan kurang lebih 20 Hektar/120 Baris Lahan perkebunan kelapa yg semua nya digunakan untuk kemashlahatan agama dan ummat.Dan cara2 yg Beliau lakukan itu adalah sebagai CONTOH buat Murid2 Beliau yg akan meneruskan perjuangan Beliau dlm membina agama dan ummat.

Diantara MURID2 Beliau yg meneruskan PERJUANGAN Beliau di antaranya adalah:
1.Tuan Guru Al Fadhil Haji.Abdul Fattah di Mumpa.
2.Tuan Guru Al Fadhil Haji.Abdul Ghoffar di Bangka.
3.Tuan Guru Al Fadhil Haji.Rasydi Samau di Tungkal.
4.Tuan Guru Al Fadhil Tuan Khiyath di Sapat.
5.Tuan Guru Al Fadhil Haji.Muhammad Nazur di Sungai Piyayi-Hidayat.
Dan banyak lagi yg lain2 nya yg tersebar Murid2 Beliau di berbagai penjuru Negri,baik di daerah Jambi,Tungkal,Medan,Rengat,Malaysia,Bangka,Singapora,dll,bahkan ada dari Mekkah,Mesir dan HadroMaut-Yaman yg mereka itu datang berkunjung dan menuntut Ilmu kpd Beliau,sekaligus memohon do'a restu dan berkah nya.
________________________________

DIANTARA WASHIAT BELIAU (SYEIKH ABDURRAHMAN SHIDDQI AL BANJARY) ADALAH:

1.Hendaklah anak2 serta Dzurriyat2 Hamba menuntut Ilmu agama yg betul2 Ahlussunnah wal jama'ah dgn Ulama2 yg memakai AlQur'an,Hadist,Ijma' dan Qiyas.

2.Hendaklah sebagai Seorang Ulama (jadi Tuan Guru/Pengajar) itu berADAB sprt Adab2 para Anbiya wal Mursalin.Yakni meutamakan Adab&Akhlak dlm menyampaikan Ilmu dan sehari2.

3.Jangan mengambil UPAH/GAJIH di dlm mengajarkan & Menghuraikan Ilmu agama.Jika demikian itu di ambil,Niscaya tidaklah BEBERKAH ilmu dan hartanya.

4.Sepanjang pendapat (pengetahuan Hamba serta KAJIAN para Ulama bahwasanya "TIDAK ADA PANGKAT YG LEBIH TINGGI DERAJAT NYA (disisi Allah),SELAIN PANGKAT MENJADI ULAMA".

5.Hendaklah Engkau di dlm BERUSAHA menuntut penghidupan itu semata mata hanya untuk ILMU & IBADAH saja,sprt berkebun dan berladang.

6.Kurang lebih 15 Thn Hamba berada di daerah PULAU BANGKA BELITUNG dan 29 Thn di INDRA GIRI dlm mengajar Ilmu agama,Namun selama itu Hamba tidak pernah menuntut (meminta) GAJIH/UPAH kpd Murid,hanya Hamba berusaha sendiri (utk mencukupi kebutuhan sehari2) dgn berkebun dan berladang.
________________________________________________
SEBAHAGIAN KAROMAH BELIAU DAN HARI WAFAT NYA:

Selama kurang lebih 29 thn Beliau Datu Sapat Syeikh Abdurrahman Shiddiq Bin Muhammad Afif Al-Banjary tinggal di INDRA GIRI HILIR,Tepat nya di kampung Hidayat-Sapat dengan kegiatan sehari2 BELAJAR & MENGAJAR sambil berkebun dan berladang,Beliau menjamin keperluan Murid-Murid Beliau yg menuntut Ilmu yg mengabdi kpd Agama daripada makan dan minum mereka,bahkan tempat tinggal pun Beliau sediakan utk mereka.

Dengan keilmuan nya yg sangat luar biasa,Beliau juga memiliki berbagai KAROMAH yg sgt amat banyak,baik semasa hidup nya hingga sesudah wafat nya.

DIANTARA KAROMAH BELIAU YAITU:

1.Manakala kompeni Belanda ingin menangkap Beliau,tiba-tiba saja Beliau menghilang dan yg terlihat oleh Belanda hanya sebuah pohon besar saja.

2.Segala Binatang laut maupun darat semua nya tunduk kepada Beliau,sprt harimau,buaya dan ular.

3. Pernah terjadi(yg di saksikan Murid2 Beliau),ketika Tuan Guru Sapat (Datu Sapat) sedang mengajar,tiba tiba saja ada muncul se ekor harimau di tengah tengah pengajian,namun Beliau tidak beranjak dari tempat duduk,hanya saja ada beberapa orang drpd Murid Beliau yg lari dan sebahagian nya lagi ada yg meninggalkan tempat itu,karena ketakutan.(selanjut nya wallaahu'alam,menurut hamba tentu saja harimau itu tunduk dan patuh kpd Beliau).

4. Ketika seorang Saudagar kaya pergi berlayar ke Singapura,tiba tiba saja (dipertengahan perlayaran) angin kencang gelombang menghampas perahu layar nya,Kemudian Saudagar itu dan bersama teman2 nya yg ada di perahu bersegera BERTAWASSUL,seraya memanggil:
"YAA SYEIKH ABDURRAHMAN SHIDDIQ" 3X,"KAMI DALAM KESENGSARAAN...TOLONGI KAMI".

Maka,tiba tiba saja datang Tuan Guru Syeikh.Abdurrahman Shiddiq memegang haluan kapal itu dan seketika berhentilah angin tersebut.(ini lah yg di sebut dgn ber "TAWASSUL").

5. Di ketika Beliau ingin meninggalkan Negri Banjar menuju Sumatra,Beliau di tanya orang:
SIAPA LAGI YG AKAN MENGAJAR KAMI,KALAU TUAN GURU PERGI NANTI NYA?
Maka Tuan Guru Datu Sapat langsung menepuk pundak Tuan Guru Haji.Zainal Ilmi.Mk akhir nya Tuan Guru Haji Zainal Ilmi lah yg menggantikan Datu.Sapat pd waktu itu.Ini lah yg disebut org dgn "FUTUH" Artinya "Terbuka hizab melihat dan mengetahui apa yg tdk bisa di lihat org biasa".

Dan sebesar besar drpd KAROMAH yg telah di sebutkan itu adalah KAROMAH ILMU & AMAL,Krn Beliau memiliki ilmu yg sgt luas,dan menguasai berbagai pak pak ilmu agama,dan Beliau juga memiliki Murid2 yg terbesar dimana2 ada,dan Beliau juga memiliki harta yg berlimpah,padahal klu di pandang secara jhohir,Beliau tidak berusaha yg terlalu sibuk seperti kebanyakan orang,tetapi Beliau mampu membikin Mesjid,Madrasah,dan bahkan memberi makan dan minum dan tempat tinggal Murid2 nya,serta menjamu tamu2 nya yg datang.

Di dalam kitab "Jamharotul Auliya" di sebutkan:

           "الإستقامة خير من ألف كرامة"

"BERMULA ISTIQOMAH (tetap&teguh tanpa berubah dan berhenti) DI DALAM ILMU DAN BER AMAL ITU,YAITU LEBIH BAIK DARIPADA SERIBU MACAM KAROMAH".

Beliau juga memiliki berbagai macam karangan kitab,diantara nya:

1.Aqo'idul Iman (ilmu tauhid).
2.Asrorus Sholah (ilmu fiqih&tashawwuf).
3.Amal Ma'rifat (ilmu hakikat)
4.Mau'izhotun Li Nafsii (nasehat2)
5.Sya'ir Ibarot(ilmu hakikat&tashawwuf).dll nya.Itu lah bukti yg sgt jelas drpd KAROMAH Beliau yg sampai saat ini kita saksikan drpd KARYA2 & PENINGGALAN2 Beliau.
(hamba kata):Berkata Buyut Datu Sapat pengarang ini manaqib:
Datu Sapat sebenar nya memiliki 12 macam ktb karangan,namun yg masyhur yg tersebar hanya 5 macam saja).Dan alhamdulillah hamba penulis ini status di beri penghormatan oleh Beliau utk melihat karangan ktb Datu Sapat yg tdk di sebarkan ke masyarakat umum.Subhaanallah,wkt itu hamba langsung ta'jub melihat nya.
__________________________________________

                ~HARI WAFAT NYA BELIAU~

                  إنا لله وإنا إليه راجعون

Hari demi hari,waktu ke waktu,badan pun semakin lemah,tenaga berkurang,penyakit pun tidak kunjung sembuh,akhir nya tepat pada hari SENIN,4 SYA'BAN TAHUN 1357H,atau bertepatan dgn 10 Maret 1939M,Ruh yg Mulia Tuan Guru Datu Sapat menghembuskan nafas nya yg terakhir,kembali memghadap Hadrot Allah ta'ala dengan di iringi isak tangis dan duka citq yg amat mendalam oleh Istri2,Anak ,Karabat dan Murid2 yg sgt mencintai nya.Mereka telah kehilangan seorang ULAMA MAHA GURU LAGI WALIYULLAH yg selama ini menerangi Negri dgn ilmu dan amal nya,dengan beribu jasa yg tdk ternilai harga nya,baik berupa harta,tenaga dan fikiran.

Semoga kita yg tertinggal selalu mendapat KEBERKAHAN dari Beliau dan mampu menghargai atas JASA2 nya serta meneruskan sgl CITA2 dan PERJUANGAN Beliau,dan mudah2n sepotong drpd tulisan tentang MANAQIB Beliau ini Allah turunkan ROHMAT dan KAROMAH Nya kpd kita sekalian.Aamiiin3X Allaahumma Aamiiin yaa Robbal'aalamiiin.

Mohon ma'af atas kesalahan hamba yang nulis ini dan semoga bermanfa'at.

#wassalam

2 komentar:

  1. Terimakasih pengetahuannya gan,. http://bit.ly/2LS6oe5

    BalasHapus
  2. Mohon izin, ulun handak mendownload, semoga bermanfaat untuk ummat

    BalasHapus