Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Ikatan Wartawan Online Sulsel Akan Fasilitasi Wartawan untuk UKW


Suarabamega25, MAKASSAR – Dalam meningkatkan kapasitas serta kualitas wartawan, Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulawesi Selatan, dalam waktu dekat akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang direncanakan dilaksanakan pada November 2019 mendatang,

“Pelaksanaan  UKW IWO merupakan salah satu rekomendasi Rakernas IWO di Depok yang digelar awal tahun 2019, yang kembali digaungkan dan dimasukkan dalam agenda kegiatan pada rapat pengurus di My Way Cafe jalan MH Thamrin Makassar,” kata Ketua panitia Ishadi Ishak, Senin (7/10/2019).

“Dimana UKW saat ini sudah menjadi salah satu syarat menjadi wartawan yang profesional. Ibarat pengendara, harus memiliki Surat Ijin Mengemudi (Sim), Tanpa Sertifikasi UKW maka kita masih rentan ‘dipersoalkan’ dalam menjalankan tugas tugas di lapangan. Atas pertimbangan inilah kami menggelar Uji kompetensi wartawan,” jelasnya.

Ishandi melanjutkan untuk tempat dan pelaksanaannya akan dibahas pada pertemuan selanjutnya. Menurutnya, UKW yang dilaksanakan kali ini menggandeng tim penguji yang kredibel dan sudah berpengalaman dalam menguji wartawan.



“Kita akan mengundang para penguji yang memang berpengalaman dalam bidang UKW, bisa dari dewan pers atau dari lembaga resmi yang terdaftar di dewan pers kewartawanan,” terangnya.

Uji kompetensi ini, dikatakannya juga bukan hanya untuk kalangan internal IWO Sulsel tetapi juga dibuka bagi semua wartawan dari perusahaan media manapun.

“Adapun persyaratannya antara lain, peserta harus dari kalangan wartawan atau jurnalis, ditandai kartu pers, dan sekurang-kurangnya telah menjalani bidang jurnalistik selama satu tahun,” paparnya.

Menurut dia, rencana itu juga diamini Ketua PW IWO Sulsel Zulkifli Thahir, yang turut hadir pada rapat yang dilaksanakan tersebut. Dan pihaknya mengharapkan UKW dapat bermanfaat bagi para jurnalis dan perusahaan media di Sulsel.

“Agenda ini sejak IWO Sulsel melaksanakan Raker I dua tahun lalu, namun baru kali ini akan diwujudkan, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bukan hanya dikalangan anggota IWO Sulsel saja tapi seluruh pewarta online se-Sulsel yang belum memiliki sertifikat UKW baik itu tingkat muda, madya maupun utama,” ungkap Ketua PW IWO Sulsel Zulkifli Thahir.

“UKW ini diharapkan juga membantu perusahaan media dimana wartawan tersebut bekerja agar dapat melalui verifikasi, baik secara administrasi maupun faktual di dewan pers.

Sumber: JURNALIS INDONESIA.ID

Tidak ada komentar: