Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Guru Zuhdi: Ulama Muda Kharismatik


Tuan Guru Ahmad Zuhdiannor atau lebih akrab disapa Guru Zuhdi dilahirkan di Banjarmasin pada 10 Februari 1972 dari keluarga yang menekuni ilmu-ilmu agama. Beliau merupakan putera dari KH. Muhammad bin Jafri dan Hj. Zahidah binti K.H. Asli. Ayah beliau dikenal sebagai ulama yang cukup terkenal di Banjarmasin. Disebutkan bahwa ayah beliau, KH. Muhammad, pernah menjadi pimpinan Pondok Pesantren Al Falah setelah KH. Muhammad Tsani. KH. Muhammad adalah sahabat Abah Guru Sekumpul dan juga murid dari KH. Anang Sya'rani Arief. Menurut kisah bahwa Abah Guru Sekumpul pernah sekelambu dengan KH. Muhammad. Sedangkan kakek beliau dari pihak Ibu, K.H. Asli adalah tokoh ulama yang berdomisili di Alabio. Keduanya nanti terlibat secara penuh dalam pendidikan Zuhdi kecil.

Beliau memiliki sembilan orang saudara. Dua orang di antaranya sudah meninggal, sehingga ada tujuh orang yang masih hidup. Nama-nama saudara beliau, Hj. Naqiah, Sa‟aduddin, Jahratul Mahbubah, As'aduddin, Zulkifli, Najiah, Nashihah, dan Nafisah.

Pendidikan formal yang dijalani Guru Zuhdi hanya sampai tingkat SD. Setelah itu, beliau melanjutkan ke Pesantren Al Falah, selama sekitar dua bulan, namun karena sakit kemudian berhenti. Kemudian beliau belajar dari kakek beliau sendiri dari pihak ibu, K.H. Asli selama satu tahun. Bidang ilmu yang dipelajari di sana, yaitu Ilmu Tajwid, Fikih, Tashrif, Tauhid, Tasawuf. Setelah satu tahun di Alabio, kemudian meneruskan mengaji dengan orang tuanya, belajar Tauhid, Fikih, Nahwu, Tasawuf. Selama di Banjarmasin, beliau juga belajar dengan K. H. Abd. Syukur Teluk Tiram, di sana dia belajar tasawuf, fikih, ushul fikih, Arudh.

Setelah meninggalnya K.H. Abd. Syukur, ia kemudian diserahkan ayahnya kepada K. H. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul). Kata-kata pertama yang terucap dari lisan Abah Guru Sekumpul saat berbicara dengan ayah beliau, KH. Muhammad adalah, "Muhammad, ikam handak tahulah...anak ikam tu kenanya 'alim pada ikam."


Dengan Guru Sekumpul, Guru Zuhdi belajar beberapa ilmu, terutama akhlak kurang lebih selama tujuh tahun. Pengaruh Guru Sekumpul terhadap Guru Zuhdi sangat kuat. Pada banyak hal beliau selalu merujuk kepada figur sang guru ini, seperti dalam hal tarekat, beliau mengikuti Tarekat Sammaniyah. Bahkan dalam berpakaian pun ketika mengisi pengajian, beliau sangat mirip dengan ulama kharismatik asal Martapura ini, yakni baju putih dengan serban besar di kepala.

Kitab-kitab yang beliau pelajari selama nyantri yaitu: Pada bidang tauhid, Syarah Hud Hudi karya Imam Syarkawi, Syarah Dasuqi karya Imam Sanusi, Matan Sanusiah karya Imam Sanusi, dan Kifayatul Awal, karya Syekh Fudhali. Pada bidang tasawuf, Bidayatul Hidayah karya Imam Ghazali, Minhajul Abidin karya Imam Ghazali, Ihya Ulumuddin karya Imam Ghazali, dan Taqribul Ushul karya Syekh Zaini Dahlan. Pada bidang fikih, Syarah Sitin karya Syekh Ramli, Syarah Bajuri karya Syekh Bajuri, dan Syarah I‟anatuthalibin karya Syekh Zainuddin. Sedangkan pada ilmu nahwu, Matan Jurumiah karya Imam Sanhaji, Mukhtasar Jidan karya Syekh Zaini Dahlan, Syarah Syekh Khalid karya Syekh Khalid, dan Alfiah Ibnu Malik karya Ibnu Malik.

Guru Zuhdi pernah mengajar selama sekitar dua tahun di Pondok Pesantren Al Falah. Aktivitas beliau sekarang ini yaitu membuka pengajian di Mesjid Jami pada Malam Ahad, pengajian di rumah Guru Zuhdi pada Malam Sabtu, pengajian di Teluk Dalam, Langgar Darul Iman malam selasa, dan pengajian di Sabilal Muhtadin pada malam Jum‟at. Beliau biasanya tidak bersedia diundang pada peringatan hari-hari besar Islam, dan hanya memfokuskan diri pada pengajian saja.

Ketika awal membuka Majlis, dulunya jama'ahnya tidak sebesar seperti sekarang ini. Pengajian kitab awal-awal yang beliau bacakan adalah dari catatan tangan Majlis Abah Guru. Para Jamaah yang hadir di Majlis beliau kadang-kadang terobati Kerinduan kepada Majlis Abah Guru Sekumpul karena kitab, cara Majlis, isi kajian dalam Majlis, gaya bicara dan penjelasan, serta tamu-tamu yang hadir, sangat mirip dengan Abah Guru Sekumpul meskipun tidak berani menyamakan kedudukan dan pangkat Abah Guru Sekumpul dan tidak ada yang menyamai Abah Guru Sekumpul.

(Diolah dari artikel Mujibrrahman dkk, "Ulama Banjar Kharismatik" dan sumber-sumber lainnya).

Tidak ada komentar: