Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Ketua DPR Puan Maharani Imbau Masyarakat Gotong Royong Hadapi Corona


 Ketua DPR Puan Maharani Foto: dok DPR-Ketua DPR Puan Maharani

Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani mengimbau semua pihak bersatu menghadapi penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Menurutnya, penanggulangan Corona butuh gotong royong.

"Saya juga mengimbau agar masyarakat bersikap positif dan bahu membahu, bergotong royong mengatasi pandemi ini. Sebab penanggulangan wabah Corona membutuhkan kerja bersama, gotong royong, dari seluruh pihak, pemerintah, TNI, Polri, masyarakat, dan swasta," ujar Puan dalam keterangannya, Rabu (18/3/2020).

Puan mengucapkan terima kasih dan terus mendukung upaya para dokter dan tenaga medis lain yang bekerja di garis depan penanggulangan wabah Corona. Karenanya, ia meminta masyarakat ikut meringankan beban dengan melakukan tindakan-tindakan pencegahan secara mandiri seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan diri, keluarga dan lingkungan, makan makanan bergizi dan sehat, mengkonsumsi vitamin tambahan, rajin berolahraga agar tubuh tetap bugar.

Antisipasi Corona, Puan Minta Penjagaan di Bandara-Pelabuhan Diperketat
Puan berharap pemerintah bersama TNI dan Polri bersinergi melalui upaya- upaya penanganan yang terintegrasi dan terpadu dalam memberikan edukasi, sosialisai, mitigasi, serta penanganan pasien.

"Masyarakat mengambil peran dalam ikut menjaga kesehatan diri, kebersihan lingkungan, dan mendukung praktek sosial distance (menjaga jarak antar individu) dan mematuhi protokol penanganan wabah," tutur peraih gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini.

Pihak swasta, lanjut Puan, ikut mengambil peran dengan mendukung praktik bekerja dari rumah bagi para karyawannya, serta membantu penyediaan fasilitas kesehatan bagi penanggulangan. Gedung-gedung milik swasta yang tidak terpakai bisa difungsikan sebagai rumah sakit sementara.

"Khusus untuk pengelola rumah sakit swasta, saya mengimbau, sekarang ini saatnya membantu sesama dengan berpartisipasi optimal membantu pencegahan dan penanggulangan Corona," jelas Ketua DPR perempuan pertama di Indonesia ini.

"Mari kita gotong royong dan fokus menanggulangi pandemi covid -19 ini. Kami meminta pemerintah fokus menyelamatkan dan menjaga kesehatan masyarakat , karena menjaga dan menyelamatkan kesehatan masyarakat sama artinya menyelamatkan ekonomi nasional," lanjutnya.

Menurut putri dari Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri ini, bangsa Indonesia adalah bangsa yang lahir dan besar karena selalu mengatasi tantangan dengan semangat gotong royong sebagai semangat asli Indonesia.

Cucu proklamator Indonesia Sukarno ini yakin pada akhirnya bangsa Indonesia akan melewati tantangan wabah virus Corona.

"Selanjutnya, kita akan menjadi bangsa yang lebih tangguh dan maju. Untuk itu, kita harus menjauhkan sikap egois, sikap mau selamat sendiri karena virus Corona hanya bisa dilawan kalau kita bersatu menghadapinya. Virus Corona akan menyerang siapa saja tanpa memandang status kita, agama kita, profesi kita, suku dan warna kulit kita. Maka untuk melawannya, kita harus bekerja sama, bersatu sebagai sesama anak bangsa," ungkapnya.

"Mari kita selalu waspada, tidak panik dan optimistis, tidak lupa saya selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)," imbaunya.

Sumber: detikNews

Tidak ada komentar: