Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

9 Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan


9 Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi air jeruk nipis

Jeruk nipis atau lime termasuk ke dalam buah sitrus, dan merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik. Antioksidan akan melindungi sel-sel tubuh dengan mencegah kerusakan padanya akibat radikal bebas.

Berbeda dengan jeruk yang biasanya dijadikan makanan pencuci mulut, jeruk nipis lebih sering dicampurkan pada makanan dan minuman sebagai penyedap rasa. Memiliki nama latin Citrus aurantifolia, dalam 100 gram jeruk nipis terkandung berbagai jenis nutrisi, meliputi:

Khasiat air perasan jeruk nipis bagi kesehatan tubuh

1. Memperlancar pencernaan

Air jeruk nipis bersifat asam dan dapat membantu air liur Anda dalam memecah makanan. Selain itu, kandungan antioksidan flavonoid dalam air jeruk nipis dapat merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan.

Jika Anda mengalami sembelit, sifat asam dari jeruk nipis dapat merangsang pergerakan usus Anda. Selanjutnya, pergerakan usus tersebut akan mendorong sampah makanan ke saluran pencernaan bawah. Pada akhirnya, asam dari jeruk nipis membantu mengeluarkan feses jadi lebih lancar.

Manfaat air jeruk nipis hangat yang diminum 30 menit sebelum makan dikatakan bisa membantu mencegah gejala mulas dan naiknya asam lambung.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berkat vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalamnya, air jeruk nipis dapat memelihara dan menguatkan sistem imun dalam melawan penyakit. Ya, termasuk flu dan pilek.

Bukan hanya itu saja, vitamin C dalam jeruk nipis ini juga bisa meningkatkan produksi sel sehat dalam membunuh patogen penyebab penyakit. Hal tersebut berefek positif terhadap percepatan proses penyembuhan ketika seseorang sakit.

3. Meremajakan kulit

Beragam nutrisi yang terdapat di dalamnya juga terkenal mampu menjaga kesehatan kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya bagi kulit, Anda bisa memakai air jeruk nipis sebagai masker. Manfaat masker jeruk nipis tersebut diyakini dapat membuat kulit wajah Anda terlihat bercahaya dan awet muda. 

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Tidak heran bila tubuh membutuhkan vitamin C untuk memproduksi kolagen. Itulah sebabnya, air jeruk nipis bisa membantu menghidrasi dan meremajakan kulit Anda.

Meski begitu, Anda tidak disarankan memakai air perasan jeruk nipis langsung pada kulit Anda. Sebaiknya, campurkan perasan jeruk nipis dengan air putih supaya tidak merusak kulit wajah.

Disamping itu, Anda perlu menggunakan tabir surya saat pagi dan siang hari bila malamnya Anda memakai perasan jeruk nipis pada kulit. Alih-alih mendapatkan manfaat masker jeruk nipis, Anda malah bisa mengalami phytophotodermatitis karena kulit Anda terpapar sinar ultraviolet tanpa pelindung.

Phytophotodermatitis adalah kondisi peradangan dan terbakarnya kulit akibat bahan kimia yang terkandung dalam jenis tanaman tertentu terpapar sinar matahari. Akibatnya, area kulit tersebut akan tampak kemerahan, gatal, dan terasa panas.

4. Menjaga dan menurunkan berat badan

Nah, satu lagi manfaat air perasan jeruk nipis yang tidak kalah populer, yaitu memelihara berat badan ideal. Banyak yang bilang jika minum air jeruk nipis bisa bikin Anda kurus. Bagaimana bisa?

Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis dapat memperlancar pencernaan serta meningkatkan laju metabolisme tubuh. Percepatan laju metabolisme tersebut berdampak pada pembakaran kalori yang lebih banyak. Selanjutnya, metabolisme tubuh yang meningkat ini akan mengurangi penyimpanan lemak. 

Kalau Anda berencana menguruskan badan, Anda bisa mengonsumsi air jeruk nipis tersebut. Cobalah minum jeruk nipis yang dicampur air hangat sebelum sarapan. Studi menunjukkan bahwa manfaat air jeruk nipis hangat yang bisa Anda dapatkan yaitu menahan nafsu makan yang berlebihan. Minuman tersebut pun dapat meningkatkan kepuasan Anda terhadap makanan yang mengarah pada konsumsi makanan lebih sedikit.

Namun, tentunya Anda tidak mungkin hanya mengandalkan minuman ini untuk menurunkan berat badan. Anda tetap perlu melakukan aktivitas fisik, supaya kalori yang terbakar jadi lebih banyak. Berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari dan perbanyak juga konsumsi buah dan sayur yang mengandung serat.

5. Membantu mengontrol kadar gula darah

Berdasarkan penelitian, vitamin C dapat membantu mencegah kenaikan gula darah setelah makan. Jeruk nipis juga mengandung serat yang larut air. Jenis serat tersebut bisa memelihara kadar gula darah dan memperlambat kemampuan tubuh dalam menyerap gula ke dalam darah.

Serat larut air pun mampu membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat alias LDL. Indeks glikemik jeruk nipis yang rendah menjadikannya buah yang bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Kondisi diabetes seringkali mengarah pada kerusakan pembuluh darah, penyakit jantung, serta hipertensi. Flavonoid yang terdapat di dalam buah ini dapat membantu memperkuat dinding pembuluh darah kapiler dan mencegah pembengkakan serta perdarahan. Bioflavonoid tersebut bisa pula memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung

Seperti yang telah disinggung di atas, antioksidan dalam jeruk nipis dapat membantu menjaga kesehatan serta fungsi jantung. Merupakan sumber magnesium dan kalium, air perasan jeruk nipis mampu menurunkan tekanan darah serta melancarkan sirkulasi darah. Selanjutnya, risiko serangan jantung dan stroke pun akan menurun pula.

Selain itu, senyawa dalam jeruk nipis yang bernama limonin mungkin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

7. Menurunkan risiko kanker

Minuman air jeruk nipis dikatakan dapat melawan pembentukan sel kanker, berkat kandungan antioksidannya. Senyawa flavonoid juga sudah dikenal dengan kemampuannya menghentikan perkembangan sel kanker dengan mencegah pembelahannya. Lagipula, antioksidan memang diketahui sebagai zat pelindung sel-sel tubuh dari radikal bebas. Sayangnya, manfaat ini belum terbukti secara ilmiah dan masih perlu diteliti lebih lanjut.

8. Mengatasi penyakit peradangan

Beberapa penyakit inflamasi atau peradangan seperti radang sendi (arthritis) dan asam urat, dapat diatasi dengan meminum air jeruk nipis. Lebih tepatnya, vitamin C pada air tersebut akan meredakan gejala pembengkakan dan rasa nyeri yang biasanya dirasakan penderita. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Annals of the Rheumatic Disease, menunjukkan bahwa mereka yang jarang mengonsumsi vitamin C, berisiko 2 kali lebih besar untuk menderita arthritis daripada orang yang mendapatkan asupan vitamin C secara optimal. Air jeruk nipis juga dapat mengurangi kadar asam urat darah, sehingga gejala penyakit gout jadi berkurang.

9. Menambah energi

Manfaat ini bisa Anda peroleh dari meminum air jeruk nipis dan madu. Bagi Anda, para pekerja yang suka mengonsumsi teh dan kopi, cobalah mulai minum air perasan jeruk nipis yang ditambah madu. Sebagai pengganti kafein, manfaat air jeruk nipis dan madu ialah mampu menambah tenaga dan membuat Anda bersemangat di pagi hari. Minumlah air jeruk nipis ini sebelum tidur dan sebelum sarapan.

Hati-hati, kebanyakan minum air jeruk nipis juga tidak baik

Meski minuman jeruk nipis memiliki banyak manfaat, konsumsi berlebihan bisa memicu efek samping dan menimbulkan masalah kesehatan bagi sebagian orang. Sejumlah gangguan yang dapat muncul jika Anda terlalu banyak minum air ini, yakni:

Asam lambung naik, karena jeruk nipis bersifat asam. Gejalanya bisa berupa sakit perut, kembung, mual, dan sering sendawa. Untuk Anda yang punya penyakit GERD alias asam lambung, hindari minum air perasan buah ini sebelum makan.

Enamel gigi menipis dan gigi berisiko rusak. Lagi-lagi karena sifat jeruk nipis yang asam, enamel gigi bisa makin tipis dan membuat gigi jadi rapuh. Guna mencegahnya, segera kumur-kumur dengan air putih dan hindari menggosok gigi setelah Anda meminumnya.

Kebanyakan minum air jeruk nipis pun bisa memicu masalah pencernaan lain seperti mulas, kelelahan, serta frekuensi buang air kecil yang meningkat.

Itulah beberapa manfaat dan risiko mengonsumsi air perasan dari buah jeruk nipis. Dalam satu buah kecilnya, jeruk nipis memiliki manfaat yang menakjubkan. Kalau diminum dalam jumlah dan takaran yang cukup sesuai kebutuhan, Anda bisa memperoleh khasiatnya. Selain jeruk nipis, asupan vitamin C juga bisa Anda dapatkan dari suplemen kesehatan Jovee. 

Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal.

Tidak ada komentar: