Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

9 Jenis Tanaman Aglonema dan Cara Merawatnya


Suarabamega25.com – Tanaman hias yang sering diburu ini terkenal dengan nama sri rejeki atau chinese evergreen. Memiliki beragam macam jenis dan keindahannya, tak heran jika tanaman ini menjadi tanaman wajib bagi pecinta tanaman hias. Simak yuk, 9 jenis tanaman aglonema berikut ini.

Aglonema Red Peacock / Widuri

Jenis widuri termasuk sri rejeki yang memiliki harga sangat mahal namun paling banyak dicari. Ciri khas dari jenis ini yaitu memiliki warna merah cerah yang terdapat pada tengah daunnya. Untuk masalah harga, widuri yang didominasi warna merah dapat dijual dengan harga hingga ratusan juta rupiah.

Aglonema Cinta


Jenis sri rejeki cinta memiliki bentuk daun yang sangat cantik, tak heran banyak sekali yang memburu sri rejeki jenis ini. Daunnya melengkung di bagian kedua pangkalnya menyerupai hati, maka itu dijuluki sebagai jenis cinta. Sri rejeki cinta juga dapat ditempatkan di dalam ruangan maupun luar ruangan.

Aglonema Suksom

Jenis suksom termasuk kedalam sri rejeki yang dibandrol dengan harga mahal, yaitu dapat sampai 3 juta loh. Ciri khas suksom adalah warna merah pada daun yang begitu menyala dan polos dengan minim klorofil.

Aglonema claudia

Jenis claudia memiliki ciri daun berwarna hijau pucat. Walaupun memiliki warna daun yang pucat, pada bagian tulangnya justru berwarna pink yang sangat cantik. Jenis sri rejeki claudia berasal dari Thailand. Harga bibitnya pun relatif mahal dibanding jenis sri rejeki lainnya.

Aglonema Anyamanee

Keindahan jenis anyamanee terletak pada daunnya yang lebar serta terdiri dari tiga warna yang sangat cantik yaitu hijau, merah dan putih. Jenis ini termasuk tanaman hias termahal di tahun 2020, karena keeksklusifannya dan jumlahnya yang sangat terbatas. Harga jual tanaman indukannya dapat mencapai harga puluhan juta rupiah loh.

Aglonema pride of Sumatra

Sri rejeki dari Sumatera ini pernah memenangi kontes tanaman hias internasional di Belanda tahun 2002 loh. Tanaman ini mendapati julukan pride of Sumatera yang berarti kebanggaan Sumatera. Harga sri rejeki Sumatera dewasa ini masih berkisar antara Rp500 ribu sampai Rp1 juta.

Aglonema Lipstik

Siam aurora atau sesuai namanya, tanaman ini memiliki warna merah tegas pada tepian daunnya yang menyerupai bibir menggunakan lipstik berwarna merah. Harga sri rejeki ini pun relatif lebih murah dibandingkan jenis sri rejeki lainnya.

Aglonema Legacy

Jenis legacy sekilas mirip dengan jenis widuri. Bentuk daun legacy melebar di bagian pangkal, namun ujungnya tetap meruncing dan tulang daunnya berwarna merah kontras dengan motif dominan motif bercak berwarna hijau muda.

Aglonema adelia

Jenis adelia memiliki bentuk daun yang mirip dengan jenis legacy, namun adelia memiliki bentuk daun yang lebih panjang dan ramping di bagian ujungnya. Daun adelia dapat memanjang hingga 30 cm dengan corak daun dominan hijau tua serta bercak kekuningan dan merah muda yang terlihat acak.

Cara Merawat Tanaman Hias Aglonema

Berikan perlindungan dari sinar matahari langsung.

Menyiram dengan takaran yang benar yaitu 2-3 hari sekali.

Membersihkan gulma pada aglonema.

Pangkas daun yang sudah layu.

Lap daun agar terlihat lebih indah.

Gemburkan tanah aglonema agar tumbuh anak.

Tidak ada komentar: