Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Manfaat Kopi Pahit untuk Kesehatan, Mampu Obati 11 Penyakit Berbahaya, Bisa Menceegah Depresi


Sekarang, ada semakin banyak alasan bagi kita untuk jajan kopi kekinian.

Pasalnya, tidak hanya untuk menahan kantuk, minum kopi memiliki manfaat yang lain, seperti menurunkan risiko sakit jantung hingga stroke.

Namun ingat, kopi yang dimaksud di sini adalah kopi hitam tanpa tambahan seperti krim atau gula. Memang, tambahan kedua bahan tersebut tidak serta-merta menghilangkan manfaat kopi.


Kamu tentu sudah familiar dengan dampak kesehatan yang bisa timbul dari terlalu banyak mengonsumsi gula, maupun lemak yang terdapat dalam krim.

Jadi, jangan sampai manfaat minum kopi yang bisa didapatkan, justru tertutup oleh dampak merugikan tersebut.

Nah apalagi, banyak dari sebagian orang mengonsumsi secangkir kopi itu pada saat pagi hari.

Kopi murni alias pahit yang dikonsumsi tanpa gula maupun susu, mengandung antioksidan tinggi dan beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti riboflavin (vitamin B2), asam pantotenat (vitamin B5), mangan, kalium, natrium, magnesium, dan niacin (vitamin B3).

Sejumlah studi menunjukkan bahwa orang yang rutin minum kopi 2-3 cangkir kopi sehari memiliki risiko lebih rendah mengalami penyakit serius, seperti diabetes tipe 2, kanker, penyakit jantung, penyakit Parkinson, dan gangguan hati.

Jadi, apa saja manfaat minum kopi untuk kesehatan? Agar tidak semakin penasaran, berikut ini penjelasan lengkapnya, dirangkum Sripoku.com dari laman Alodokter.

1. Mencegah penurunan fungsi otak

Mengonsumsi kopi hitam juga mampu menurunkan risiko terkena penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer, demensia, dan penyakit Parkinson. Beberapa penelitian menemukan adanya kaitan antara konsumsi kafein dalam jangka panjang dengan risiko terjadinya penyakit neurodegeneratif. Hal ini didukung oleh hasil penelitian lain yang mengungkapkan bahwa konsumsi kafein dapat memperlambat proses penurunan fungsi otak akibat penuaan.

2. Menurunkan berat badan

Kafein yang terkandung di kopi hitam dapat memacu metabolisme tubuh sehingga akan membantu proses pembakaran lemak. Selain dengan meningkatkan pembakaran lemak, kopi hitam juga dapat membantu proses penurunan berat badan dengan mengurangi nafsu makan.

3. Mencegah diabetes tipe 2

Manfaat lain dari mengonsumsi kopi hitam adalah mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Pasalnya, kafein yang terkandung di kopi dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Tak hanya itu, kandungan kafein dalam kopi juga bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Penurunan risiko munculnya kedua penyakit ini berhubungan dengan kandungan asam klorogenat yang terdapat di dalam kafein.

4. Mencegah depresi

Sebuah penelitian menemukan bahwa di dalam kopi hitam terkandung antidepresan yang mampu mencegah depresi. Selain itu, orang yang rutin mengonsumsi kopi hitam juga lebih mungkin terhindar dari risiko bunuh diri akibat depresi.

5. Meningkatkan daya ingat

Selain membuat Anda lebih waspada, kafein di dalam kopi dapat meningkatkan daya ingat Anda. Penelitian menemukan bahwa kafein mampu meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan memori jangka panjang.

6. Mengurangi Risiko Terkena Diabetes Tipe 2

Manfaat kopi bagi kesehatan yang mungkin bisa didapatkan salah satunya adalah mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Studi yang dilakukan sebuah universitas ternama menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi kopi lebih dari secangkir tiap hari selama empat tahun, memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 lebih rendah sebesar 11 persen.

Namun, kopi bukanlah satu-satunya hal yang memengaruhi risiko diabetes. Di samping itu, perlu diingat bahwa menambahkan terlalu banyak gula ke dalam kopi, justru dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit ini.

7. Mengurangi Risiko Depresi dan Gangguan Fungsi Otak

Penelitian lain menunjukkan bahwa kopi kemungkinan dapat mengurangi risiko depresi dan membantu menjaga kesehatan otak, sehingga mencegah demensia dan stroke.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, meminum setidaknya empat cangkir kopi berkafein menurunkan risiko terkena depresi sebanyak 20 persen.

Untuk mendapatkan manfaat kopi yang satu ini, disarankan mengonsumsi produk kopi yang mengandung kafein tinggi.

8. Mempertahankan Tubuh Tetap Langsing

Kopi hitam tanpa gula merupakan salah satu minuman yang mengandung kalori dalam jumlah yang amat rendah.

Selain itu, kandungan kafein dalam minuman ini mampu mempercepat metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Oleh karena itu, kopi dipercaya bermanfaat untuk membantu menjaga tubuh tetap langsing.

Namun perlu Anda ketahui, berbagai manfaat kopi di atas masih membutuhkan penelitian lanjutan guna menguatkan bukti-bukti yang ada.

Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi, penyakit tiroid, penyakit asam lambung, kolesterol tinggi, gangguan tidur, atau sedang hamil, dianjurkan untuk mengurangi konsumsi kopi dan berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui batasan aman konsumsinya.

9. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Parkinson

Kegembiraan para peminum kopi belum berakhir. Kali ini, para peneliti menyimpulkan bahwa asupan kopi dan kafein yang tinggi kemungkinan besar bisa menurunkan risiko terkena penyakit Parkinson secara signifikan.

Bukan hanya dapat mencegah penyakit Parkinson, dalam penelitian ini juga diungkapkan bahwa konsumsi kopi dinilai bermanfaat bagi mereka yang sudah menderita penyakit ini.

Kandungan kafein di dalam kopi dianggap mampu membantu para penderita Parkinson dalam mengontrol gerakan tubuh.

10. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit pada Organ Hati

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kopi berpotensi menurunkan risiko terkena sirosis hati pada peminum alkohol, hingga 22 persen.

Mereka yang mengonsumsi kopi sebanyak dua cangkir atau lebih dapat mengalami penurunan risiko hingga 66 persen terhadap kematian akibat sirosis (pengerasan organ hati).

Selain sirosis, konsumsi kopi juga dapat menurunkan risiko terjadinya kanker hati, perlemakan hati, serta penyakit empedu seperti radang dan batu empedu.

Menurut sebuah penelitian, konsumsi kopi menurunkan risiko terkena kanker hati hingga 40 persen.

Dari penelitian yang sama, konsumsi kopi sebanyak tiga cangkir sehari, dapat menurunkan risiko terkena kanker hati hingga lebih dari 50 persen.

11. Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut penelitian yang dilakukan oleh sebuah lembaga pendidikan ternama di dunia, konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat melindungi seseorang dari penyakit jantung.

Adapun jumlah sedang tersebut setara dengan dua cangkir kopi atau 236,5 ml per hari.

Meski demikian, manfaat kopi untuk menjaga kesehatan jantung dan melindungi jantung dari penyakit masih belum didukung oleh data yang konsisten, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.


L

Tidak ada komentar: