Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Sosialisasi Pencegahaan Kekerasan Terhadap, Perempuan dan Anak Serta Pencegahaan Pidana Perdagangan Orang


Suarabamega25.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (PPPA-Dalduk dan KB) Kotabaru mengelar sosialisasi meningkatnya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Kotabaru, Selasa (19/10/2021) di Operation Room Setda, Kotabaru Kalimantan Selatan.

Acara dihadiri bersama Kadis Dinas Dinas PPPA-Dalduk dan KB, Camat, Kepala Desa, Bhabinsa, dan Bhabinkamtibmas.

Kepala Dinas PPPA-Dalduk dan KB Kotabaru Dr Cipta Waspada mengarakan, sosialisasi ini sangat penting. Saat ini Kabupaten Kotabaru merupakan penyumbang terbanyak ketiga kasus kekerasan perempuan dan anak di Kalimantan Selatan dengan 33 kasus per 18 Oktober 2021. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang hanya 28 kasus, melalui sosialisasi ini akan dibentuk tim terpadu  tingkat desa terkait penanganan kekerasan perempuan dan anak berbasis masyarakat, sehingga seluruh kasus ditingkat desa dapat terjangkau dan tertangani.

" Kekerasan perempuan dan anak telah memberikan dampak negatif dan luas, tidak hanya terhadap korban, tetapi juga berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang anak dalam kehidupan. Kekerasan yang dihadapi perempuan dan anak pun bukan hanya kekerasan fisik, melainkan juga kekerasan psikis, kekerasan seksual, dan penelantaran.

Selama ini, tambahnya, untuk penanganan kasus kekerasan, Dinas PPPA-Dalduk dan KB bekerjasama dengan Crisis Center, dan Puspaga untuk selalu menjangkau dan mendampingi serta  melakukan mediasi kepada keluarga, korban, maupun apabila keranah hukum dalam hal ini PPA Polisi. Dalam hal ini, wajib untuk memberikan layanan pengaduan, rujukan pendampingan dan bantuan hukum pada permasalahan perempuan yang ada di Kabupaten Kotabaru dengan segala keterbatasannya.

kata Cipta,"Semoga saja dengan langkah yang kita ambil ini tidak ada lagi penambahan kasus kekerasan, walaupun terjadi minimal semua kasus dapat kita tangani. Selain sosialisasi kekerasan perempuan dan anak, juga digelar sosialisasi terkait tindak pidana perdagangan orang, dengan narasumber Asikin Ngile, H Sulaiman dan Yansyah Fauji,"tutupnya.(red)

Tidak ada komentar: