Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

ID Digital Pendamping KTP Fisik Dengan Berbagai Kelengkapannya


Suarabamega25.com, Banjarmasin - KTP elektronik nanti dikenal dengan nama ID Digital, sebuah program Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait, yang dijalankan di Kabupaten dan Kota se Indonesia.

Kadisdukcapil Banjarmasin Yusna Irawan SE M Eng kepada RRI mengatakan, ID Digital ini bukan pengganti KTP, tapi hanya sebagai pendamping KTP Fisik.

"Maka nanti kedepannya apakah KTP Fisik itu akan hilang, tentunya menunggu arahan dari Kementerian. Tapi yang jelas, kami sudah melakukan rekaman ID Digital sesuai arahan Kementewrian, kita kemaren melakukan uji coba untuk seluruh staf di Disdukcapil Kota dan kita juga sudah melakukan perekaman untuk ASN Pemko Banjarmasin. Insyaallah dalam waktu dekat, kita akan melakukan perekaman ID Digital untuk seluruh masyarakat," ungkap Yusna, dan mempersilakan masyarakat untuk datang ke UPT-UPT yang ada di lingkungannya, dengan jadwal yang mereka tentukan.

Kemudahan ketika memiliki ID Digital, menurut Yusna, semua data administrasi kependudukan tercatat melalui smart phone. Untuk UPT Disdukcapil ada 5 di setiap Kecamatan yang mempersiapkan terlebih dulu sarana untuk melakukan perekaman ID Digital.

"Setelah itu selesai, baru kita meimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan perekaman ke UPT-UPT terdekat. Tapi waktunya masih kita tentukan," jelas Yusna. Menyinggung KTP nantinya ada NPWPnya, menurut Yusna, sesuai dengan aturan, nanti NPWP adalah NIK. Yangmana NIK dijadikan NPWP. Karena menurut Yusna, NIK dimiliki satu orang dan seumur hidup.

"NPWP itu nanti diganti dengan nomer NIK. Namun pemberlakuannya masih belum kita terima dari kementerian. Kalau sudah kita terima, itu baru nanti diberlakukan," Yusna menambahkan.

ID Digital perekaman secara elektronik berkaitan dengan adminduk, yang di dalamnya selain ada KTP, ada BPJS, kemudian ada NPWP dan kelengkapan-kelengkapan yang lainnya, berkaitan dengan data-data seseorang. ID Digital yang kompeteble dengan Android, namun belum dengan IOS ataupun Iphone belum. Di ID Digital ada paswordnya, sehingga jika berganti HP maupun HP Hilang maupun karena persoalan lainnya, jika masih ingat Paswordnya, tinggal melakukan pembukaan lewat pasword yang sudah disiapkan. karena di dalamnya ada email dan lain sebagainya. Begitu juga jika HP hilang karena dicuri, bisa diblokir, karena ada PINnya dan itu masih aman.

Tidak ada komentar: