Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Polres Tala Jadi Tujuan Akhir Asistensi Wakapolda Kalsel di Kewilayahan


Suarabamega25.com - Polres Tanah Laut (Tala) menjadi pelabuhan terakhir yang dikunjungi Wakapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si. setelah sebelumnya 12 Polres/ta lainnya lebih dahulu disambangi orang nomor dua di Polda Kalsel itu dalam rangka Asistensi Penguatan Bhabinkamtibmas.

Kedatangan Wakapolda Kalsel didampingi Dir Binmas dan Kasubbid PID Bid Humas Polda Kalsel tersebut disambut langsung Kapolres Tala AKBP Rofikoh Yunianto, S.I.K. beserta Pejabat Utama dan Bhabinkamtibmas Polres Tala, Kamis (01/09/2022) pukul 09.00 Wita.

Didepan personel Bhabinkamtibmas, Wakapolda Kalsel menerangkan bahwa tujuan Asistensi ini adalah agar Bhabinkamtibmas lebih mantab dan percaya diri dalam pelaksanaan tugas dilapangan. Terlebih, dalam vicon RDP Bapak Kapolri bersama Komisi III DPR RI beberapa waktu lalu salah satu yang dibahas adalah tugas berat yang dipikul oleh personel Bhabinkamtibmas.

Wakapolda pun memuji para Bhabinkamtibmas sebagai anggota Polri yang paling hebat karena bisa mengemban semua fungsi di Kepolisian. Oleh karena itu, anggota Bhabinkamtibmas harus bisa dirindukan oleh masyarakat binaan melalui kepekaan dan kepedulian terhadap wilayahnya.

Selain itu Bhabinkamtibmas pun harus bisa memprediksi, mengantisipasi dan merespon serta jeli melihat fenomena dan potensi masyarakat yang ada di desa binaannya agar bisa mendapatkan partisipasi masyarakat.

Kepada para Kasatker Polres Jajaran Polda Kalsel, Wakapolda meminta agar dapat memberikan informasi teknis Kepolisian kepada para Bhabinkamtibmas.  

Apalagi, lanjutnya, nama baik institusi Polri ada di anggota Bhabinkamtibmas jadi tolong jaga dengan baik jangan sampai mencederai institusi, terlebih pada tahun 2024 mendatang para Bhabinkamtibmas harus netral dan harus bisa menyerukan kepada para warga untuk melakukan pencoblosan.

“Download aplikasi Lindungi Hakmu untuk memantau DPT di wilayahnya yang belom terdapftar. Selain itu, para Bhabinkamtibmas harus mengenal dan menggandeng tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat yang ad di desanya agar situasi kamtibmas selalu terjaga aman dan kondusif,: pinta Wakapolda.

Pada kesempatan yang sama, Dir Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Sri Damar Alam, S.I.K., S.H. juga memberikan arahan agar para Bhabinkamtibmas dapat bermanfaat bagi masyarakat dan Negara. Selain itu, juag untuk memberikan Recovery together dan Recovery strong kepada para Bhabinkamtibmas.

Menurutnya, Asistensi ini dilaksanakan untuk memperkuat semangat bekerja, memberikan wawasan dan ilmu kepada personel Bhabinkamtibmas. Apalagi, Bhabinkamtibmas adalah ujung tombak Kepolisian.

Dalam menyelesaikan masalah yang ada dilingkungannya, Bhabinkamtibmas diminta untuk bisa melaksanakan restorative justice di masyarakat.

 “Tugas Bhabinkamtibmas sudah tertuang di Pasal 13 ayat 1 Perkap No 7 tahun 2021, dan saya bangga kepada seorang Bhabinkamtibmas yang bisa membina 1 atau 2 Desa,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K. diwakili Kasubbid PID Bid Humas Polda Kalsel Pembina TK.I Drs. Hamsan dalam arahannya menyampaikan bahwa Bhabinkamtibmas harus memahami dan menguasai materi terlebih dahulu sebelum menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Kegiatan Bhabinkamtibmas yang inovatif yang bagus dalam pengelolaan Desa agar bisa di publish baik dari Humas Polres maupun dari Bid Humas Polda Kalsel agar masyarakat mengetahuinya.

“Gunakan konsep piramida terbalik dalam menyampaikan public speaking kepada masyakarat, dengan mengedepankan unsur 5W + 1H dalam pembuatan narasi berita,” himbaunya.***

Tidak ada komentar: