Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Indocement Gandeng Wartawan Dan LSM Sosialisasi Pilah Sampah



Suarabamega25.com, Kotabaru  – PT Indocemet Tunggal Prakarsa, Tbk Tarjun, salah satu perusahaan pabrikan semen Tiga Roda menggelar sosialisasi pemilahan sampah. Kegiatan tersebut menggandeng kalangan jurnalis di Kabupaten Kotabaru dan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan instansi terkait yang memberikan dukungannya.

Tujuan kegiatan bukan hanya sebagai kepedulian terhadap lingkungan utamanya yang berkaitan dengan pemilahan sampah, dan secara tidak langsung memberikan edukasi kepada masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan berpusat di 7 kawasan desa yakni, Desa Gunung Ulin, Sungai Taib, Semayap, Baharu Utara, Batuah, Sigam, dan terakhir adalah Desa Hilir Muara.

Perwakilan management PT ITP, H Teguh Iman Basoeki menjelaskan bahwa, Indocement mengadakan tentang pemilahan sampah sebagai salah satu wujud komitmen PT ITP dalam turut serta dalam menjaga lingkungan agar selalu bersih dan kegiatan awalnya dilakukan pada desa-desa mitra, dan sekarang dilaksanakan di tingkat kabupaten.

“Perusahaan berharap kegiatan tersebut dapat memberikan pengetahuan yang positif tentang pemilahan sampah dengan baik sehingga kedepan mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman,” tuturnya.

Selain itu juga, kegiatan yang terlaksana secara tidak langsung membantu pemerintah daerah. Tentunya juga menjadi harapan lainnya dengan program pemilahan sampah kedepan akan mampu membangun karakter untuk lebih peduli lagi tentang sampah dan bagaimana mengelola ligkungan dengan baik.

“Sampah juga akan mampu mendatangkan nilai ekonomis bagi masyarakat. Oleh karenanya, menjadi penting ketika kita bisa melakukan pemilahan sampah. Pastinya juga dengan begitu dapat menguntungkan bagi lingkungan misalkan tidak terjadi banjir dan lain sebagainya,” jelasnya.

Indocement juga, sambungnya, beberapa di desa mitra telah memilah sampah yang nantinya dapat menjadi ekonomi bagi masyarkat serta bagi perusahaan dijadikan sebagai energi alternatif bagi perusahaan.

Melihat hal tersebut, salah satu pewarta dari Kabupaten Kotabaru, Hasan, sangat mengapresiasi kegiatan yang terlaksana yang mana di support penuh oleh Indocement Tarjun yang diharapkan dapat memberikan nilai positif kepada masyarakat utamanya dalam proses pemilahan sampah.

“Kegiatan pemilahan sampah ini adalah yang kedua setelah pada tahun lalu dibulan yang sama telah dilakukan sosialisasi pemilahan sampah di kompleks perumahan Batu Salira Desa Hilir Muara, dan yang sekarang merupakan kali kedua bekerjasama dengan Indocement Tarjun,” ujarnya.

Ia berharap kerjasama pada tahap berikutnya akan berlangsung di bulan Ramadhan. Intinya adalah agar lingkungan bersih, sehat dan nyaman tidak ada lagi sampah yang berserakan dimana-mana.

“Kami juga berharap kepada masyarakat jangan sampai membuang sampah ke bantaran sungai, karena akan berdampak buruk bagi lingkungan. Hal lainnya adalah, sampah rumah tangga khususnya kalau bisa jangan dibakar, kita harus lebih bijak dalam mengelola sampah untuk lingkungan,” imbuhnya.

Zamzanie, selaku Koordinator Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) mengaku senang dan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh kalangan wartawan di Kotabaru yang bekerjasama dengan perusahaan Semen Tiga Roda, serta melibatkan organisasinya.

“Hal semacam ini patut kita dukung, apalagi untuk menjaga lingkungan dengan baik. Oleh karenanya, kegiatan pemilahan sampah dinilai menjadi penting untuk dilakukan masyarakat dan juga sampah ternyata dapat menghasilkan nilai ekonomis bagi tambahan penghasilan masyarakat. Sekali lagi terimakasih kepada perusahaan yang sudah mensupport penuh atas kegiatan yang terlaksana,” tutupnya.(red)

Tidak ada komentar: