Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tegaskan Kawal Penyaluran Pupuk Bersubsidi DI Kotabaru


Suarabamega25.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kotabaru bekerjasama dengan PT. Agustina Karya Abadi dan pihak BUMN dari Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan evaluasi penyaluran pupuk bersubsidi tahun 2022 sekaligus penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB) penyaluran pupuk tahun 2023, Kamis(12/01/2023) di Gedung Ratu Intan Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Acara dihadiri SKPD terkait,Pihak Perusahakan dan BUMN serta pedagang

Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Penyuluh  Kadriannur,SP mengatakan, pupuk bersubsidi harus tersedia secara 6 T yaitu Tepat waktu, Tepat jenis, Tepat Jumlah, Tepat mutu dan Tepat lokasi. Dengan tujuan yaitu membantu petani agar mudah mendapatkan pupuk sesuai kebutuhan dengan yang layak, petani dapat menerapkan teknologi pemupukan sesuai dengan rekomendasi spesifik lokasi, meningkatkan produksi dan pendapatan usaha tani. Dengan sasaran petani tanaman pangan holtikultura dan perkebunan sesuai dengan luasan yang di budidayakan dengan luas lahan kurang lebih 2 Hektar.

Kegiatan hari ini supaya lebih mengetahui mekanisme penyaluran pupuk bersubsidi, jadi kita mendapat pengetahuan yang banyak. Sebagaimana kita ketahui bahwa pupuk itu merupakan salah satu bahan penting dalam kegiatan tanaman pertanian karena pupuk ini memiliki beberapa manfaat bagi tanaman diantaranya dapat membantu mempercepat pertumbuhan vegetatif tanaman, memperkuat tumbuh akar, batang tanaman dan dapat meningkatkan daya tahan tanaman dalam segala penyakit atau hama, sehingga kita harapkan pupuk bersubsidi ini dapat tersedia untuk disalurkan.

Berdasarkan penyalurannya pupuk itu ada 2 yaitu pupuk bersubsidi dan non subsidi, pupuk bersubsidi merupakan pupuk yang pengadaan dan penyalurannya mendapat subsidi dari pemerintah untuk kebutuhan petani yang di laksanakan berdasarkan nomor 15 tahun 2013 tentang pengadaan penyaluran pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian secara nasional dan peraturan menteri pertanian nomor 7 tahun 2017 tentang alokasi dan harga eceran pupuk tertinggi pupuk bersubsidi.

PT. Agustina Karya Abadi Darmansyah mengatakan agar berhati-hari dalam menyalurkan pupuk bersubsidi dan mengetahui aturannya, kerena barang yang di salurkan kepada para petani adalah barang titipan, sebagai pengemban amanah ujung tombak dalam penyaluran pupuk ini agar melaksanakan amanah ini dengan benar, dalam artian kita sedang menyalurkan amanah negara yang bersubsidi. 

Taatilah aturannya, ada perbedaan sekarang untuk tahun 2023 ini bahwa namanya bukan ERDKK tetapi berubah menjadi E-Alokasi. 

Hati hati jangan sampai menyalurkan pupuk bersubsidi di luar nama E -Alokasi yang sekarang kalau menyalahi itu semua maka pelaranggaran amanah negara dan beresiko menjadi sanksi perdata ataupun pidana. Tidak boleh lagi menyalurkan di luar E-Alokasi. Serta tertib administrasi seperti mengumpulkan KTP yang menjadi salah satu syarat untuk menyalurkan pupuk,"tutupnya.(red)

Tidak ada komentar: