Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Pemkab Kotabaru Selenggarakan Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi


Suarabamega25.com - Dinas Ketenagakerjaan Dan Transmigrasi Kabupaten Kotabaru menyelenggarakan pelatihan kerja berbasis kompetensi bagi para calon pencari kerja yang kesulitan mencari pekerjaan karena tidak memiliki keahlian, Senin (13/2/23) di Aula BLK Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Acara dihadiri  Bupati dalam hal ini diwakili Asisten II Pemkab Kotabaru, Ketua DPRD Kepala Dinas Ketenagakerjaan Dan Transmigrasi Kotabaru, Kepala SKPD, Plt Kepala BLK Kotabaru, Pimpinan Perusahaan, Direktur Politeknik, Kepala SMK, LPK dan Para undangan.

Plt. Kepala Balai Latihan Kerja Kotabaru Pebriyanta Sitepu, SP mengatakan, Tujuan Pelatihan Memberikan bekal  ketrampilan kerja berbasis kompetensi kepada pencari kerja, sehingga menjadi calon tenaga kerja yang kompeten dan mampu bersaing dipasar kerja. Pelatihan dilaksanakan di BLK Kotabaru selama kurang lebih 1 bulan  dengan metode pelatihan, 25 persen teori dikelas dan 75 persen praktek di workshop kejuruan masing-masing.

"Materi Pelatihan adalah kejuruan umum terdiri dari :  pembinaan mental fisik dan disiplin dari Kodim 1004 Kotabaru, pengetahuan ketenagakerjaan dari Disnakertrans,  materi pengetahuan tentang dunia kerja diperusahaan yang nantinya akan diberikan oleh beberapa perusahaan yang ada di Kotabaru antara lain : 

Ada beberapa perusahaan lainnya, sedang materi kejuruan masing-masing yaitu :  komputer administrasi, teknik otomotif, teknik las, teknik listrik, dibimbing dan dilatih oleh instruktur dari BLK Kotabaru sesuai kompetensinya masing-masing. Biaya Pelaksanaan

Pelaksanaan pelatihan dibiayai dana APBD Kabupaten Kotabaru tahun anggaran 2023. Perlu juga kami laporkan kepada Bapak Bupati/Wakil Bupati atau Bapak Sekda bahwa pada tahun anggaran 2023, kami mendapatkan anggaran dana APBN Kemnaker untuk melatih para pencari kerja sebanyak 12 paket kejuruan atau 192 orang yang terdiri dari Komputer Administrasi 5 kelas (80 orang), Teknik Pengelasan 2 kelas (32 orang), Teknik Listrik 1 kelas (16 orang), Teknik Otomotif 2 kelas (32 orang) dan Tata Boga 2 kelas (32 orang) yang pelaksanaan pelatihannya akan dilaksanakan pada bulan Mei 2023.

Asal Peserta Pelatihan peserta pelatihan berasal dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kotabaru, dan bagi peserta yang berasal dari luar Kecamatan Pulau Laut Utara dan Pulau Laut Sigam, mereka difasilitasi tinggal di asrama BLK. Jumlah Peserta Pelatihan

Target peserta dari dana APBD Kotabaru untuk tahun 2023 sebanyak 112 orang  terdiri dari kejuruan pelatihan : Teknis Las 16 orang, Teknik Listrik 16 orang, Teknik Otomotif 16 orang,  Komputer Administrasi 32 orang, Garmen Apparel / Menjahit Pakaian 32 orang.  Selama mengikuti pelatihan peserta akan mendapatkan fasilitas bahan teori, bahan praktek, pakaian kerja,  pakaian olah raga,  makan siang 1 kali selama mengikuti pelatihan.

Selanjutnya mohon berkenan Bapak Bupati/Wakil Bupati/Bapak Sekda, Bapak Ketua DPRD, Ketua Komisi I DPRD Kotabaru, Kepala Bappeda, Kepala BPKAD, Para Pimpinan Perusahaan yang hadir untuk dapat kiranya bersama-sama melihat kondisi sarana dan prasarana pelatihan yang ada di BLK, mudah-mudahan perusahaan yang ada di Kotabaru tergerak untuk ikut serta membantu bersama-sama dengan pemerintah daerah me REVITALISASI BLK Kotabaru ini.

Demikian laporan ini kami sampaikan dan mohon kepada Bapak Bupati/Wakil Bupati yang dalam hal ini diwakili Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru, pada saatnya nanti kiranya berkenan memberikan pengarahan kepada peserta pelatihan sekaligus membuka Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Pencari Kerja Tahun Anggaran 2023. Terima kasih.

Kadis Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Kotabaru Sugian Noor, SH,M.Si,M..Hum mengatakan, Pembukaan  Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Pencari Kerja Dana APBD Kotabaru Tahun 2023. Permasalahan ketenagakerjaan di Kabupaten Kotabaru saat ini adalah masih banyaknya jumlah angka pengangguran, sementara lowongan kerja yang tersedia juga sangat terbatas.

Oleh sebab itu kebijakan Pemerintah melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi adalah melakukan dan membuka pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dan skill para pencari kerja yang terdaftar di Disnakertrans Kotabaru dalam berbagai bidang sesuai kompetensi yang dibutuhkan.

Pelatihan-pelatihan tersebut  disamping dibiayai oleh Pemerintah Daerah melalui APBD juga melalui APBN Kementerian Ketenagakerjaan, kami berharap adanya kepedulian dan keiikutsertaan perusahaan / investor yang ada di Kotabaru ini untuk melakukan pelatihan-pelatihan tersebut baik menggunakan Dana CSR maupun memanfaatkan fasilitas yang diberikan Pemerintah melalui Program Super Tax Deduction.

Seperti pelatihan operator alat berat yang banyak dibutuhkan perusahaan, pemerintah daerah tidak sanggup untuk membiayai karena dananya cukup besar sekitar 350 juta per paket/20 orang, tapi kami bisa melakukannya dengan bekerja sama dengan PT. Arutmin NPLCT pada tahun 2019 dan sebagian besar alumni nya sudah bekerja di beberapa perusahaan baik di Kotabaru, Tanah Bumbu bahkan ada yang bekerja di kaltim.

Dalam kesempatan ini perlu kami laporkan Bapak Bupati bahwa BLK kita ini perlu segera untuk kita lakukan revitalisasikarena disinilah setiap tahun anak-anak kita lulusan SMA, SMK dan pendidikan lainnya yang tidak mampu melanjutkan kuliah keluar daerah atau kuliah di Kotabaru, BLK adalah salah satu menjadi tujuan mereka untuk meningkatkan kompetensi diri.

Plt. Kepala BLK tadi bahwa benar terjadi anomali anggaran dalam hal ini bangunan gedung seluas ini untuk tempat pelatihan mencerdaskan dan mentrampilkan masyarakat Kotabaru selama 4 tahun terakhir dan tahun berjalan ini tidak diakomodir untuk biaya pemeliharaanya, kami prihatin Pemkab Kotabaru.mohon kiranya ini menjadi perhatian kita bersama dan mohon dukungan pimpinan DPRD.

Kami berharap  anggaran pendidikan yang dialokasikan sebesar 20 % dari APBD itu sebagian diarahkan untuk merevitalisasi BLK baik untuk perbaikan infrastruktur gedung maupun yang lainnya.

Disnakertrans dan BLK setiap tahun membuat usulan melalui dana APBD tetapi stagnan dan kami masih berupaya untuk meminta bantuan ke Kementerian Ketenagakerjaa di Jakarta beberapa peralatan pelatihan dan Mobil Training Unit (MTU) yang nantinya akan kita fokuskan untuk melatih warga kita didaerah utara sebagai daerah penyangga rencana Ibu Kota Negara dan sudah mendapatkan sinyal dari Kementerian untuk bantuan tersebut.

Oleh sebab itu kami mohon dukungan Bapak Bupati / Bapak Sekda, Pimpinan DPRD dan Ketua Komisi I untuk merevitalisasi BLK ini dengan dukungan anggaran Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan partisipasi rekan-rekan perusahaan yang ada di Kotabaru,"pungkasnya.(san)


Tidak ada komentar: