Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Wisata Meranti Putih Tempat DLH Kotabaru Sosialisasi Kampung Iklim


Suarabamega25.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotabaru menyelenggarakan Sosialisasi Program Kampung Iklim (ProKlim) kepada Desa, Kecamatan, Badan Usaha dan SKPD, Kamis (9/3/ 23) di Aula obyek wisata Puncak Meranti, Desa Megasari, Kotabaru.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 100 orang peserta tersebut, langsung nenghadirkan nara sumber dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Wilayah Kalimantan, Direktorat Jenderal PPI Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan dibuka oleh

Sekda Kotabaru diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs. H. Murdianto, M.Si mengharapkan partisipasi aktif semua pihak di tingkat grasroot, terutama dunia usaha yang mengeksploitasi sumber daya alam di Kotabaru dalam mendukung dan membina desa-desa ataupun kelompok-kelompok masyarakat untuk menyelenggarakan kampung iklim di wilayahnya masing-masing.

Abdur Rochim, S.Hut selaku Nara sumber menjelaskan bahwa Proklim mengacu pada Permen LHK Nomor 84 Tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim,  merupakan upaya mengelola dan mengembangkan potensi yang ada di wilayahnya untuk mendukung kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di tingkat lokal untuk berkontribusi terhadap pencapaian program nasional dan target penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotabaru, H.M. Maulidiansyah, mengatakan bahwa untuk kegiatan Proklim di Kotabaru dimulai sejak tahun 2019, sampai sekarang sudah ada 15 desa yang melaksanakan Proklim, diantaranya 4 desa kategori Utama, 1 desa kategori Madya, dan 10 desa kategori Pratama, tahun 2022 lalu salah satu desa, yaitu Desa Tegalrejo berhasil meraih tropy. 

"Untuk tahun 2023 ini, DLH kembali mengusulkan 18 desa untuk nominasi Proklim, 15 desa diantaranya merupakan usulan baru. Maulidiansyah berharap dengan kegiatan sosialisasi ini, akan ada peningkatan kategori dengan peningkata aksi, bahkan ada desa yang bisa meraih kategori Lestari,"pungkasnya.(red)

Tidak ada komentar: