Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Jerit Warga, Masyarakat Pesisir Rampa Manunggul Krisis Air Bersih


Suarabamega25.con - Masyarakat Desa Rampa Manunggul Kecamatan Sampanahan Kabupaten Kotabaru, kondisinya sangatlah memperihatinkan. Pasalnya berpuluh-puluh tahun lamanya warga sangat sulit mendapatkan air bersih dan hanya menggunakan tadah air hujan, bahkan mendapatkan air bersih jauh kepulau seberang menggunakan perahu kelotok mengambil air sumur untuk keperluan rumah tangga sehari-hari, begitu pula aliran listrik masih dikelola oleh pengusaha swasta lokal.

Kepada Awak Media Sabtu 22 Juli 2023, salah satu warga yang enggan mau disebutkan namanya menjelaskan, "Jikalau memasuki musim kemarau warga disini sangat terpaksa membeli air kekapal datang dari Desa Sampanahan dengan harga Rp. 20.000 rupiah per drum, apalagi pembayaran listrik perhari, warga membayar dari 17.000 rupiah sampai 40.000 rupiah, dan itupun hanya untuk malam hari, "katanya.


"Kalau warga tidak mampu membayar tagihan maka aliran listrik diputuskan, dengan terpaksa mereka menggunakan lampu rakitan atau obor pakai minyak tanah dan minyak solar. Sedangkan warga Desa Rampa Manunggul pekerjaan mayoritas sebagian besar nelayan, petani, dan buruh kelapa sawit, "jelasnya.

Ada program Pamsimas dari Tahun 2018 akhir sampai sekarang tidak berpungsi sama sekali, hanya ada tinggal 5 buah tandon dengan menaranya dan pipa yang sudah ada mulai rusak, "ungkapnya.

Untuk itu, kami berharap dan seluruh masyarakat disini menunggu janji Bapak Bupati Kotabaru beberapa waktu lalu bahwa di tahun 2023 akan dibuatkan sumur bor, agar warga kami tidak lagi kesulitan air bersih, kemudian semoga aliran listrik PLN juga bisa masuk ke Desa kami, "pungkasnya(red)

Tidak ada komentar: