Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Koordinasi Dengan Semua Sektor Dalam Penanganan Bencana Agar Cepat Teratasi


Suarabamega25.com, Banjarmasin  -  Penambahan Personil dan Peralatan untuk Bidang Kebencanaan di Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, menjadi perhatian utama dalam upaya agar dapat mengantisipasi dan memberikan bantuan tanggap bencana.

Kepala Bidang Kebencanaan Dinas Sosial Kalsel H Achmadi S Sos mengatakan, bencana hidrometeorologi yang meliputi banjir, tanah longsor, puting beliung, harus terus diwaspadai dan pihaknya sesuai arahan Gubernur Sahbirin Noor, terus meningkatkan perannya.

"Penanganan bencana yang harus cepat tanggap dan responsif Pemerintah Provinsi khususnya melalui Dinas Sosial dalam penambahan anggaran, penambahan peralatan dan lain sebagainya dan ini perhatian yang sangat besar dari Gubernur," ujar Achmadi, Selasa (2/1/2024).

Demikian juga Lumbung Sosial di Kabupaten dan Kota di Kalimantan Selatan untuk ketersediaan bantuan bagi penyintas bencana, terus dioptimalkan keberadaannya, sehingga menjadi tempat terdekat dalam penyaluran keperluan masyarakat yang tertimpa bencana.

"Kawasan Siaga Bencana sudah kita lakukan di dua lokasi yaitu Hulu Sungai Selatan dan Tanah Bumbu. Kemudian kekuatan Personil Taruna Siaga Muda ada 200 personil dan ditambahkan juga Kawasan Siaga Bincang 300 personil," Achmadi menambahkan.

Disebutkannya, untuk 2024 prioritaskan peningkatan kapasitas Taruna Siaga Benda yang sudah dilatih dan sudah dibentuk sejak 2004 sampai sekarang dengan jumlah seribu orang lebih anggota Tagana. 

Yang cukup krusial diperkirakan bulan Maret 2024 akan diperoleh bantuan kapal cepat dengan kapasitas 20 orang yang akan dipergunakan menolong penyintas bencana di pesisir dan sungai, sehingga akan semakin memudahkan pemberian bantuan kebencanaan tersebut.

Tidak ada komentar: