Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

5 Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Bisa Mengobati kolesterol


Suarabamega25.com - Manfaat makan tempe buat kesehatan adalah direbus dulu makan mentah jangan di goreng. Tempe mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam tempe dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, mengurangi peradangan, dan menjaga kesehatan sistem saraf. mengandung asam lemak tak jenuh, terutama asam lemak omega-3 dan omega-6, yang dapat mendukung kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.

Tempe mengandung zat-zat antibakteri yang mampu mengatasi berbagai penyakit infeksi seperti diare. d. Menjaga Kesehatan Jantung. Antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung pada tempe mampu melindungi pembuluh darah dari kerusakan inflamasi dan oksidatif sehingga membuat jantung sehat

Berbagai manfaat tempe, berikut uraiannya.

1. Dapat mendukung kesehatan usus

Tempe kaya akan serat, khususnya jenis serat yang dikenal sebagai prebiotik. Serat ini memberi makan bakteri menguntungkan di usus, membantu mereka berkembang dan bertambah jumlahnya.

Banyak dari bakteri usus ini menghasilkan senyawa yang disebut asam lemak rantai pendek, yang memiliki efek menguntungkan pada usus serta kesehatan kita secara lebih luas.

2. Dapat mendukung kesehatan tulang : 

Tempe kaya akan mineral ramah tulang termasuk kalsium, magnesium, dan fosfor.

Selain itu, proses fermentasi yang terlibat dalam produksi tempe memecah senyawa yang dikenal sebagai anti-nutrisi, yang dapat menghambat penyerapan beberapa mineral tersebut. Hal ini membuat makanan fermentasi lebih mudah dicerna dan nutrisi yang diberikannya lebih mudah kita serap.

3. Dapat membantu mengelola kolesterol Produk kedelai mengandung senyawa alami yang disebut isoflavon, yang konsumsi rutinnya dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa hal ini mencakup penurunan low-density lipoprotein (LDL), jenis yang sering disebut sebagai kolesterol 'jahat', serta kolesterol total.

4. Kaya protein

Kacang kedelai adalah sumber protein nabati yang berguna, menyediakan kesembilan asam amino esensial yang kita perlukan untuk pertumbuhan, perbaikan, dan berfungsi seperti kekebalan tubuh, menjadikannya sebagai tambahan yang berguna bagi mereka yang mengikuti pola makan nabati.

Tempe sangat kaya akan protein, yang dikenal karena efek mengenyangkan.

Ini membuat tempe sebagai makanan yang berguna bagi mereka yang ingin mengontrol nafsu makan dan mengatur berat badan.

Ilustrasi tempe baik untuk kesehatan 

5. Sumber antioksidan pelindung

Isoflavon kedelai merupakan antioksidan kuat sehingga membantu meminimalkan kerusakan yang disebut stres oksidatif, yang dilakukan oleh molekul yang disebut radikal bebas.

Penelitian menunjukkan isoflavon membantu mengurangi stres oksidatif dan tempe mungkin sangat baik dalam hal ini.

Tidak ada komentar: