Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Rekam Jejak Pendidikan Anies Baswedan


Suarabamega25.com - Anies Rasyid Baswedan lahir pada 7 Mei 1969 dari pasangan akademisi. Ayahnya, Rasyid Baswedan, merupakan mantan Wakil Rektor Universitas Islam Indonesia (UII). Sedangkan Aliyah, ibunya, merupakan Guru Besar Emeritus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Anies masuk SD Laboratori, Yogyakarta pada usia 6 tahun setelah sekolah di TK Masjid Syuhada. Anies remaja melanjutkan pendidikan di SMPN 5 Yogyakarta, tempat ia belajar berorganisasi di sekolah.

Semasa SMP, Anies sempat menjabat sebagai seksi kematian, sebutan bagi pengurus bidang humas OSIS untuk penyampai kabar terkait kematian. Ia juga menjadi Ketua Panitia Tutup Tahun, yang mengasah keterampilan kepemimpinannya.

Masuk SMA di SMAN 2 Yogyakarta, Anies terpilih sebagai Wakil Ketua OSIS. Ia juga terpilih sebagai Ketua OSIS se-Indonesia pada 1985 usai menjalani pelatihan kepemimpinan bersama 300 ketua OSIS se-Indonesia.

Pertukaran Pelajar ke AS

Masih di bangku SMA, Anies Baswedan terpilih sebagai siswa peserta pertukaran pelajar American Field Service (AFS). Program ini memungkinkan Anies belajar akademik dan lintas budaya di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat selama satu tahun.

Seperti halnya siswa AFS masa kini, Anies pada tahun 1987 pun menjalani pertukaran AFS selama satu tahun di Amerika Serikat (AS). Alhasil, ia pun merampungkan pendidikan SMA-nya pada 1989 dengan total masa studi empat tahun.

Kuliah di UGM

Ketua BEM UGM terpilih sedang menandatangani berita acara pelantikan disaksikan Rektor, Ketua Senat, dan Ketua Senat periode sebelumnya, Anies Baswedan (kiri). Foto: Arsip UGM

Anies melanjutkan pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi UGM mulai 1989. Di kampus, ia tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), salah satunya sebagai anggota Majelis Penyelamat Organisasi HMI UGM.

Di Yogyakarta, Anies juga menjajal kesempatan sebagai pewawancara tetap tokoh-tokoh nasional di program Tanah Merdeka di Televisi Republik Indonesia (TVRI) cabang Yogyakarta.

Pada kongres 1992, Anies menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa UGM. Selama menjadi Ketua Senat Mahasiswa UGM, Anies membentuk Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai lembaga eksekutif dan memosisikan senat sebagai lembaga legislatif. Ia juga tercatat menginisiasi demonstrasi melawan penerapan Sistem Dana Sosial Berhadiah pada November 1993 di Yogyakarta.

Beasiswa Summer Course di Jepang

Anies memenangkan lomba tulis tentang lingkungan semasa menjadi mahasiswa. Capaian ini mengantarkan ia meraih beasiswa Japan Airlines Scholarship (JAL) Foundation pada 1993. Dengan beasiswa ini, ia menjalani program kuliah musim panas di Sophia University, Tokyo bidang kajian Asia.

S2 - S3 di Amerika Serikat dan Beasiswa

Anies Baswedan menikahi Fery Farhati Ganis pada 1996. Pada 1997, ia melanjutkan kuliah S2 di University of Maryland, College Park, Amerika Serikat. Kali ini, Anies mengambil studi magister bidang International Security and Economic Policy.

Anies kemudian meraih gelar PhD dengan beasiswa doktoral pada 1999 di Northern Illinois University, Amerika Serikat. Disertasinya mengangkat pembahasan otonomi daerah dan pola demokrasi di Indonesia.

Masih dari kampus S3-nya, Anies meraih Gerald S Maryanov Fellow pada 2004. Beasiswa ini diberikan bagi mahasiswanya yang memiliki prestasi dan integritas dalam pengembangan ilmu politik.

Menjadi Rektor

Setelah menjadi Direktur Riset The Indonesian Institute yang membidangi analisis kebijakan publik pada 2005, Anies tercatat sebagai Rektor Universitas Paramadina dalam usia 38 tahun pada 2007. Ia salah satunya membuat mata kuliah wajib Anti Korupsi dan Paramadina Fellowship.

Anies juga mendirikan Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar pada 2010, mengirim pengajar muda untuk mengajar di SD terpencil. Gerakan Indonesia Mengajar berfokus pada pemenuhan kebutuhan guru berkualitas dan pembelajaran kepemimpinan. Menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Jejak Anies Baswedan dalam bidang pendidikan mengantarkannya terpilih sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Kabinet Kerja 2014-2019. Ia tercatat sebagai salah satu profesional dari 34 menteri.

Riwayat Pendidikan Anies Baswedan

TK Masjid Syuhada

SD Laboratori Yogyakarta

SMP Negeri 5 Yogyakarta

SMAN 2 Yogyakarta

Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada

S2 International Security and Economic Policy, University of Maryland, AS

S3 Northern Illinois University, Amerika Serikat.

Tidak ada komentar: