Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Tebar Hewan Lebih Utama



Suarabamega25.com, Banjarmasin - Sebentar lagi 10 Dzulhijjah 1445 dan itu Idul Adha adha, ada perintah di 10 hingga 13 Dzulhijjah, yakni menyembelih hewan qurban bagi yang mampu dan rasanya Allah di setiap PerintahNya selalu mampu dilaksanakan Umat, kecuali yang bersangkutan mengabaikan. 

Demikian ditegaskan 

Buya Yamin, terkait 

Untuk Tebar Hewan Qurban yang Cerdas.

Menurut Buya Yamin, sebagai contoh ibadah qurban, bagi yang tidak melaksanakan boleh kita lihat dia, boleh jadi merokok dan jika dikalikan setahun rokoknya bisa lebih, atau dia tidak merokok tapi dia mampu belanja pulsa dan belanja ini dalam setahun bisa jadi lebih dari seekor kambing, atau dia merokok juga berhape malah keterlaluan untuk tidak berqurban, padahal kewajiban tersebut hanya sejiwa dalam satu keluarga, bayangkan dan Buya tidak  usah rasanya untuk contoh lain, karena dasarnya tidak mau beribadah ya tidak akan terpenuhi.

Kembali pada qurbannya sendiri, tegas Buya Yamin, zaman sekarang kita mengenal Panitia, termasuk Panitia Qurban dan itu sering  melekat pada Mesjid,  sebutlah Panitia Qurban Mesjid Baiturrahman, Panitia qurban Mesjid Ar Rahman dan seterusnya, dan kita mendaftar di sana. Berbagai Mesjid Berbagai hasilnya, ada yang sedikit, sedang dan banyak hewan qurbannya dengan berbagai alasannya.

Cerita di atas adalah tentang Mesjid-mesjid di perkotaan dan mau sedikit atau banyak, yang jelas akan lebih bermakna ketika Sapi atau Kambing yang disembelih itu ada dihadapan mereka yang jarang bahkan tidak pernah melihat hewan qurban, apa itu ibadah qurban, apa dan bagaimana qurban tersebut. Ada dakwah dalam ibadah qurban, bukan hanya persoalan daging, maka sungguh mulia jika tebar hewan qurban itu tepat sasarannya dan beruntung orang-orang yang tepat menitip qurbannya, bermanfaat dalam dakwah, dalam siaran, dalam makna.

Perkotaan bukan berarti tidak membutuhkan dakwah dari ibadah qurban, tapi Panitia mesti cerdas menyebar dakwah, seluruh medan dakwah mesti dapat siraman dari berbagai macam perintah ibadah, harus kenal, dan itu juga tanggung jawab kita. Maka idealnya hewan qurban Perkotaan 20% sampai 40% nya ditebar pada Kampung Miskin, Kampung Pedalaman,  Kampung Mualaf, Perbatasan Miskin, dan lainnya, sehingga menyebar merata dakwah ibadah qurban. Dan ketika Idul Adha, ketika 10 Dzulhijjah setiap tahun bukan reuni haji, tidak ada lagi yang tidak mengenali Nabi Ibrahim, bahwa selain haji juga mengenakan qurban,  sungguh elok ajaran islam.

Dewan Dakwah, khususnya Dewan Da'wah Kalsel setiap tahun menebar hewan qurban, Muhammadiyah dengan LazisMu juga serupa, dan lainnya, maka tidak keliru jika hewan qurban anda, Panitia Mesjid menitipkan pada Dewan Da’wah,  pada Muhammadiyah dan lainnya yang melaksanakan tebar tersebut,  wallahu'alam. Buya Yamin Untuk Tebar Hewan Qurban yang Cerdas.(juna)

Tidak ada komentar: