Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Lancar Membaca Quran dengan Metode Gaza

Suarabamega25.com, BANJARMASIN – Workshop membaca Alquran dengan menggunakan metode gaza untuk kesekian kalinya dilaksanakan di Kota Banjamasin. Kegiatan yang mendatangkan ulama Palestina Syaikh Zakaria Al Qoisi Al Hafidz itu, dilaksanakan di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Sabtu (18/05).

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut mudah-mudahan akan menambah banyak para penghapal Alquran di kota berjuluk seribu sungai ini. 
“Tahun lalu juga melaksanakan metode ini dan alhamdulillah untuk tahun ini kembali dilaksanakan kegiatan ini. Mudah-mudahan dengan pelaksanaan workshop ini, semakin banyak para penghafal Alquran khususnya bagi kita-kita yang sudah tua ini,” ujarnya.
Teknik membaca alquran menggunakan metode gaza itu meliputi beberapa item diantaranya, terdapat proses tadabbur sebelum proses menghafal dimulai. Kemudian menggunakaan teknik Irtibath yaitu mengaitkan ayat akhir dengan ayat awal yang dihafal. Pemetaan pikiran untuk proses memindai dari lembaran ke dalam memori seseorang untuk mendapatkan hafalan yang kuat. Pengelolaan halaqah tahfidz dengan sistem yang terstruktur. menggunakan teknik tikrar (pengulangan), dilakukan sebelum,  saat, dan sesudah menghafal.
H Ibnu Sina pun kembali berharap, dengan  dilaksanakannya kegiatan tersebut di Bulan Ramadan seperti ini, seluruh umat muslim masuk dalam golongan orang-orang yang dijelaskan oleh Allah SWT di dalam Alquran. “Allah SWT lah yang menurunkan alquran dan Allah SWT juga lah yang menjaganya. Siapa para penjaga Alquran,  diantaranya adalah para penghafal Alquran, kita-kita yang belajar membaca Alquran, kemudian menghafalkannya, mudah-mudahan termasuk golongan orang-orang yang menjaga Alquran,” pungkasnya.

Sumber: humpro-bjm

1 komentar: