Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Refreshment Wartawan BI Kalsel Kunjungi Gapoktan Mitra Arjuna


Suarabamega25.com, Jawa Timur  -  Bank Indonesia (BI) terus melakukan pembinaan kepada pelaku UMKM di semua sektor, termasuk sektor pertanian yang dilakukan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mitra Arjuna di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur, yang menjadi  terbaik kedua di Indonesia.

Gapoktan ini menjadi tujuan kegiatan 

Refreshment Wartawan Bank Indonesia Kalimantan Selatan, Selasa (25/10/2022).

Ketua Gapoktan Mitra Arjuna, Luki Budiarti, menjelaskan keberhasilan mereka tidak lepas dari campur tangan BI dalam melakukan pembinaan, seperti mengetahui berbagai persoalan yang dirasakan dan mencarikan solusi permasalahannya, hingga dalam hal pemasarannya.

Dalam pengembangannya, Gapoktan Mitra Arjuna, juga mengembangkan semua jenis tanaman termasuk sayuran berpotensi bernilai ekonomis tinggi.

"Seperti paprika, kentang dan jenis buah-buahan kita maksimalkan pengembangan dan pengolahannya. Contohnya dijadikan jenis kerupuk buah, sari buah dan lainya," ujar wanita lulusan arsitek Universitas Brawijaya Malang ini.

Sedangkan dalam hal peran Pemerintah Daerah, Ketua 2 Gapoktan Mitra Arjuna, Imam Hanafi mengatakan, selama ini pihaknya juga terus bersinergi dengan Pemkot Batu, melalui dinas pertanian setempat.

"Selain sinergi kami dengan BI dalam kegiatan pembinaan dan pemasaran. Sinergi kami juga dengan Dinas Pertanian Batu. Selama ini petani dibantu bibit dan pupuk," ujar Imam.

Sedangkan Joni Rahmat dari Agronusa Mushroom, memproduksi Kripik Cabe yang dikembangkan dengan dukungan seperti cabe rawit, cabe besar hingga cabe paprika yang diproduksi dan dijual ke berbagai daerah, serta ada beberapa negara untuk ekspor.

"Sensasi bagus. Luar biasa untuk keripik cabe dengan vitamin c cabe tersebut dan benar-benar cabe keripik asli, dan banyak disukai oleh anak muda," ungkap Joni, sembari menambahkan keripik cabe terinspirasi dari adanya mie setan yang disukai anak-anak muda, yang memang rasanya ekstrim. Untuk membuat kripik cabe ini, ditunjang oleh tepung dengan komposisi ada tepung beras,  tepung terigu dan tepung kanji atau tapioka.

Kegiatan Refreshment Wartawan Bank Indonesia Kalimantan Selatan, Selasa (25/10/2022) diakhiri dengan mengunjungi Kebun Apel di Batu dan berkesempatan memetik apel Batu di kebun tersebut dan langsung disantap.***juns

Tidak ada komentar: